OPD Pemkot Bitung Harus Mampu Berinovasi

Wakil Walikota Bitung Ir.Maurits Mantir

Wakil Walikota Bitung Ir.Maurits Mantir

Bitung-Setiap Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung harus mampu melakukan inovasi-inovasi dalam rangka menjawab semua tuntutan pelayanan kepada masyarakat.

Inovasi-inovasi yang dilakukan diharapkan lebih berkualitas dan menyentuh kebutuhan dan pelayanan kepada masyarakat.

Harapan ini disampaikan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Inovasi ini akan semakin mendorong penyelenggaraan pelayanan publik khususnya Pemerintah Kota Bitung kepada masyarakat secara berkualitas, menuju pelayanan prima berkelas dunia,” ujar Mantiri.

Terkait hal itu, kata Mantiri,  mengacu pada UU Nomor  25 Tahun 2009 yang mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik.

“Mengacu pada aturan tersebut untuk memberikan pelayanan publik yang baik, mutlak harus dilakukan oleh pemerintah di segala aspek, baik itu lintas program dan lintas sektoral,”jelasnya.

Mantiri juga menjekaskan,  semua aktifitas terkait inovasi khususnya mengenai pelayanan publik sudah diatur sesuai dengan SOP, dan menjadi acuan pembagian tugas masing-masing perangkat daerah.

“Semua harus berjenjang sesuai aturannya, ada hal-hal yang harus dipahami karena intinya inovasi itu dilakukan untuk mempercepat capaian dari program pemerintah yang dilaksanakan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) dan tepat waktu,” ujarnya.

Mantiri menambahkan, setiap perangkat daerah harus dapat melakukan replikasi dari seluruh inovasi pelayanan publik yang sudah berjalan dan dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
“Apa saja yang kita lakukan dengan mempercepat kegiatan dan memberikan  perubahan kepada masyarakat dan akhirnya masyarakat merasa puas, itulah inovasi”, ujarnya.
Lebih lanjut Mantiri menegaskan agar setiap pelaksana OPD tidak malu untuk bertanya demi mewujudkan inovasi-inovasi baru di masa yang akan datang. (estefanus)

 

author

Author: