Lava Panas Gunung Karangetang Masuk Pemukiman,Sejumlah Warga Batubulan di Evakuasi

22 orang warga sudah terevakuasi, masing-masing 8 orang warga laki-laki, 10 orang perempuan, dan anak-anak 4 orang karena adanya guguran lava panas yang sudah masuk ke pemukiman warga

Lava Panas Gunung Karangetang Masuk Pemukiman 22 orang warga sudah terevakuasi, masing-masing 8 orang warga laki-laki, 10 orang perempuan, dan anak-anak 4

Sitaro – Sejumlah warga kampung Batubulan, Kecamatan Siau barat utara, kabupaten Sitaro terpaksa harus dievakuasi, hal ini dilakukan adanya guguran lava panas yang sudah masuk ke pemukiman warga. Sesuai dengan data yang diperoleh menyatakan bahwa hingga saat ini ada 22 orang warga yang sudah terevakuasi, masing-masing 8 orang warga laki-laki, 10 orang perempuan, dan anak-anak 4 orang.

“Sementara masih di lakukan pendataan ulang oleh BPBD Sitaro, karena para warga yang di evakuasi menempati rumah-rumah saudaranya yang ada di kampung Kawahang. Semua warga di evakuasi karena tempat tinggal warga dekat dengan Kali Marebuhe dan Kali Batuare yang menjadi tempat aliran lava panas,” terang Kapolsek Siau barat Johanis Sasebohe, saat dilokasi bencana.

Guguran lava panas ini terjadi pada Sabtu (02/02/2019), tepatnya Pukul 10.30 Wita Pagi tadi. Jarak guguran lava panas dengan Pemukiman warga sekitar 300 Meter, sedangkan jarak lava panas dengan ruas jalan antara lindongan I dan lindongan II Kampung Batubulan sekira 200 Meter. Dirinya menghimbau masyarakat yang masih sementara bekerja di dekat Kali Marebuhe dan Kali Batuare agar berhenti melakukan aktifitas pekerjaan.

“Dikarenakan adanya bencana guguran lava panas ini untuk sementara akses jalan antara lindongan I dan lindongan II Kampung Batubulan ditutup. Kami juga menghimbau masyarakat untuk lebih waspada saat malam hari apabila terjadi guguran lahar atau awan panas,” terang dia. (Andika)

 

author

Author: