Ratusan Nelayan di Sangihe Terima Bantuan

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada nelayan oleh Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME

Penyerahan bantuan secara simbolis kepada nelayan oleh Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME

Sangihe – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME menyerahkan secara langsung puluhan bantuan secara simbolis kepada ratusan masyarakat Nelayan, Selasa (12/2/2019), bertempat di aula rumah jabatan bupati.

Bupati dalam sambutannya, menyampaikan bantuan ini merupakan komitmen Pemerintah daerah kabupaten kepulauan Sangihe melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Sangihe dalam mensejahterakan masyarakat serta mengentaskan kemiskinan.

“Ini semua dukungan pemerintah kepada para nelayan. Kiranya bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk penguatan para nelayan yang membutuhkan sarana dan prasarana melalui bantuan alat tangkap perikanan,” jelas Gaghana.

Menurutnya, para nelayan akan terus mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah daerah mengingat sektor perikanan ini menjadi sektor unggulan utama di kabupaten Sangihe, karena 94 % wilayah kita adalah laut, makanya kita sangat bergantung dari sektor perikanan ketimbang pertanian.

“Visi kita kabupaten kepulauan sangihe wilayah perbatasan NKRI sebagai gerbang maritim yang sejahtera maju dan mandiri. Nah, dalam implementasi visi ini menjadi tugas dari Pemerintah bersama dengan masyarakat dalam memperkuat basis ekonomi di sektor perikanan. Saat ini sumbangsih ekonomi paling tinggi adalah sektor perikanan yang nilai tukarnya cukup jauh,” ungkap dia.

Dirinya juga menegaskan kepada para Kapitalaung dan Camat kiranya dapat mengawasi pemanfaatan bantuan ini. “Kalau tidak maksimal dalam pemanfaatanya akan ditarik kembali dikembalikan lagi ke Pemerintah. Jangan diperjualbelikan, sebab ada aturan hukumnya jika menjual barang milik pemerintah, jika ada kedapatan nelayan penerima bantuan memperjualbelikan bantuan ini akan diproses ke ranah hukum,” tukas dia.

Adapun bantuan yang diberikan yakni 4 Unit Pamo, mesin katinting 13 PK sebanyak 5 unit, mesin katinting 5,5 PK sebanyak 49 Unit melalui sumber dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten Sangihe Tahun Anggaran 2018, serta Freezer sebanyak 5 unit melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan RI Ditjen penguatan saing produk kelautan dan perikanan dibiayai oleh APBN. (Andika)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.