Tanggap Darurat Bencana Gunung Karangetang 112 Warga Dievakuasi.

Guguran Lava Panas Gunung Karangetang Sampai Ke Laut.

Sitaro – Bupati Evangelian Sasingen SE membeberkan terkait dengan aktifitas Gunung Karangetang, dikatakannya bahwa dari hasil pantauan dilapangan saat ini kondisi Gunung Karangetang terus menunjukan aktifitas bahkan semakin meningka. “Akrifitas Gunung Api Karangetang terus meningkat dengan guguran lava panas. Untuk itu Pemerintah daerah meningkatkan status menjadi tanggap darurat untuk status kebencanaan sesuai dengan SK Bupati nomor 23,” ungkap Sasingen.

Diuraikannya, untuk total warga yang telah di evakuasi berjumlah 112 jiwa. Untuk proses evakuasi dibantu oleh pihak Polri, TNI, Pos SAR Tahuna, PMI Sitaro dan BPBD Kabupaten Sitaro. “Total warga yang dievakuasi saat ini pada dua titik sebanyak 112 jiwa, satu titik di kantor Desa Batubulan sebanyak 16 KK 58 jiwa, dan di Gereja Nazareth Niambangeng berjumlah 16 KK 54 jiwa. Sejak kemarin sudah ada tim gabungan yang bergerak di lapangan TNI, Polri Basarnas, PMI BPBD. Jadi dilapangan sudah bergerak sejak beberapa hari lalu untuk mengevakuasi warga dan memantau keadaan di sekitar,” terang dia.

Lanjut dia, untuk bantuan kebutuhan warga pengungsi sudah disalurkan. “Untuk kebutuhan yang mendesak yaitu matras, selimut dan juga air bersih. Sedangkan untuk kebutuhan makanan saat ini masih mencukupi,” ujar dia. “Dan rencananya para warga pengungsi akan dievakuasi ke pusat kota mengingat di daerah bencana tersebut sangat kesulitan air bersih,” timpalnya.

Sasingen juga meminta kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan dan jangan panik. “Saya himbau kepada warga untuk tetap tenang jangan panik, sembari terus meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman Gunung Api Karangetang, jangan percaya dengan isu-isu tentang erupsi Gunung yang sumber informasinya tidak jelas, selalu mengikuti arahan dari Pemerintah daerah,” pungkas dia. (Andika)

author

Author: