Terkait Pengamanan Pemilu, Kapolda Sulut Gelar Kunker ke Polres Sangihe

Kunjungan kerja Kapolda Sulut Saat Berada di Polres Sangihe

Sangihe – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr R Sigid Tri Hardjanto SH MSi, melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Sangihe, Minggu (17/2/2019) pagi tadi. Dalam kunjungannya, Kapolda mengunjungi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sangihe untuk memastikan kesiapan lembaga penyelenggara tersebut dalam menghadapi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), serta Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) April mendatang. Seusai kunjungan ke KPU, Kapolda langsung menuju ke Markas Kepolisian Resor (Polres) Sangihe guna mengecek kesiapan anggota Polres dalam pengamanan hajatan Politik 5 tahunan ini.

Kapolda Sigid pada saat berdiskusi dan menyampaikan arahan terhadap anggota Polri, mengatakan bahwa kunjungan perdananya ini untuk memastikan sejauh mana anggota Polres dalam mempersiapkan pengamanan Pemilu khususnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Kunjungan saya ke Sangihe ini untuk memastikan, sejauh mana anggota Polres mempersiapkan pengamanan TPS dan dari hasil diskusi dan pengecekan, saya yakin bahwa anggota Polres Sangihe siap untuk melaksanakan pengamanan Pemilu nanti,” terang dia.

Dirinya juga mennyentil soal pola pengamanan polisi pada setiap TPS, dirinya menekankan bahwa idealnya dalam pengamanan TPS baiknya disiapkan 2 orang anggota Polri. “Yang saya tekankan disini dalam pola pengamanan TPS minimal dua Polisi, sehingga ada body sistemnya, agar nantinya ada teman untuk berdiskusi kalau sendainya terjadi sesuatu untuk memecahkan permasalahan. Nah, itu dari segi diskusi sedangan dari aspek keamanan juga akan maksimal. Jadi nanti ini di desain sehingga tidak ada polisi yang sendirian dalam pengamanan TPS,” ujar Sigid.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada seluruh anggotanya untuk tetap meningkatkan kinerja agar bisa dipercaya oleh masyarakat. Terus komunikatif dengan masyarakat, agar kedekatan dengan masyarakat tetap terus terjaga baik. Sehingga tingkat kepercayaan yang saat ini cukup tinggi bisa terus ditingkatkan. “Ini pesan dari Kapolri, dalam melaksanakan tugas, yang paling utama adalah menjalin hubungan baik dengan masyarakat, harus dekat dengan masyarakat supaya bisa dipercaya masyarakat. Hal yang sangat menggembirakan dan membanggakan, dari hasil survey yang dilaksanakan menyatakan bahwa Polda Sulut itu mencapai atau mendapatkan peringkat pertama dari hasil survey terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian, nilainya kurang lebih 94,7 persen hamper 100 persen, ini harus terus dijaga dan ditingkatkan,” terang dia. (Andika)

 

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.