Polres Sangihe Siap Kawal Keamanan Pemilu.

Kopolres Sangihe AKBP Sudung F Napitu SIK.

Sangihe – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sangihe AKBP Sudung F Napitu SIK menyampaikan Polres Sangihe siap dalam mengawal dan mengamankan proses tahapan Pemilihan umum yang akan dihelat pada 17 April 2019 nanti. Menurutnya, dalam rangka pengamanan Pemilu, pihaknya telah menyiapkan dan memperkirakan berbagai kerawanan yang mungkin akan timbul saat hari pemungutan suara nanti. “Jadi kita sudah siapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin akan terjadi, saat ini kami sudah melaksanakan simulasi pengamanan Pemilu, dan itu akan terus kami pertahankan bahkan tingkatkan,” ujar Napitu, disela-sela Apel Gelar Pasukan dan simulasi dalam rangka pengamanan Pemilu, Jumat (22/3/2019), di lapangan Santiago Tahuna.

Dalam pengamanan Pemilu nanti, Polres Sangihe sudah melakukan koordinasi dengan pihak TNI yang nantinya juga akan ikut terlibat dalam mengamankan jalannya tahapan Pemilu dan pemungutan suara. Dari pihak Polres Sangihe sendiri sudah menyiapkan sebanyak 417 personil. “Sudah ada koordinasi dengan pihak TNI, kami pastikan akan siap mengcover wilayah, baik di Sangihe maupun Sitaro. Selain kesiapan personil dari Polres Sangihe, akan ada tambahan kekuatan pada saat pemungutan, yaitu dari BKO Polda sebanyak 100 orang, dengan jumlah kekuatan rinciannya 50 personil dari Dit Sabhara Polda Sulut dan 50 dari Sat Brimob Polda Sulut ditambah kekuatan dari pihak TNI,” urai dia.

Saat disentil terkait dengan TPS yang rawan, Napitu menyebutkan, untuk TPS yang rawan secara khusus di Sangihe, kerawanannya hanya dari segi geografis saja, jarak maupun letak posisinya. “Karena memang kondisi geografis Sangihe ada yang pegunungan dan lembah, ada juga di kepulauan, sehingga dengan pertimbangan letak atau geografis inilah, ada pola pengamanan tipe-tipe kerawanan oleh pihak kami, dan tipe kerawanan ini sengaja kita tetapkan, dari sisi pengamanan agar tidak under estimate dalam pengamanannya, artinya segala sesuatu hal yang menyangkut kelancaran pelaksanaan pemilu itu menjadi atensi Polres Sangihe,” ucapnya.

Dirinya juga menghimbau bagi masyarakat, yang nantinya memiliki hak pilih agar dapat menyalurkan suaranya, sesuai dengan lokasi atau tempat pemungutan suara yang sudah ditetapka pihak penyelenggara. “Kami juga berharap agar TNI dan Polri mendapatkan dukungan, peran serta dari masyarakat agar ikut bertanggung jawab dalam menjaga keamanan dan ketertiban sehingga kelancaran pelaksanaan Pemilu ini berjalan dengan aman,” tutup dia. (Andika)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.