Disperindag Pantau Pasokan dan Kualitas Pangan

Sangihe – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sangihe mulai melakukan inspeksi ke pasar tradisional beserta toko maupun supermarket yang tersebar di wilayah Kabupaten Sangihe.

“Pengecekan yang dilaksanakan langsung ke pasar dan pertokoan ini dilakukan dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri mendatang,” ujar Kepala Bidang Pasar Disperindag Sangihe Vera Massora.

Pada inspeksi yang dilakukan, selain pengecekan pasokan dan harga pangan, Disperindag juga memantau kualitas pangan. “Selain ketersedian dan stabilitas harga pangan, kami juga memantau kualitas pangan, jangan sampai ada pedagang yang menjual barang rusak atau sudah tidak layak konsumsi,” ucap dia.

Massora menjelaskan, bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan sejak minggu lalu di sejumlah pasar.

“Kami sudah lakukan mulai dari minggu lalu dan sudah turun di pasar-pasar, warung-warung, mulai dari pasar Petta, pasar Towo’e dan  di pusat pertokoan untuk memantau barang kadaluarsa dan barang berbahaya,” jelasnya.

Ditambahkanya, sedangkan untuk barang berbahaya maupun inspeksi barang kadaluarsa pihaknya akan bekerjasama dengan instansi terkait, dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Untuk mengecek barang berbahaya itu kami akan membentuk tim, juga nantinya akan bekerjasama dengan BPOM,” tambahnya. (Andika)

author

Author: