Gaghana Kunjungi Pabrik ‘Lanang Bango.

Sangihe— Pemerintah Kabupaten Sangihe terus melakukan berbagai terobosan untuk kemajuan perekonomian masyarakat melalui berbagai program dan terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat. Seperti upaya memajukan salah satu produk unggulan yakni Lanang Bango atau minyak kelapa yang di olah oleh masyarakat dan siap di pasarkan.

Bupati Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME, Kamis (27/06) yang lalu, turun langsung dan memantau Pembuatan dan penggunaan Lanang Bango atau minyak kelapa lokal di Home Industry yang di gagas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalkon Kampung Kalekube I Kecamatan Tabukan Utara.

Dalam kesempatanya Bupati mengatakan, pada perayaan syukuran dua tahun kepemimpinan yang lalu  sudah dicanangkan penggunaan Lanang Bango sebagai alternatif untuk  mengatasi anjloknya harga kopra yang serta sebagai alternatif, ini merupakan proses yang  harus didukung semua pihak.

“Sehingga dengan adanya produksi Lanang Bango dari beberapa kelompok  usaha masyarakat dan dapat dibeli oleh seluruh masyarakat diKabupaten Sangihe,” kata Bupati.

Gaghana juga menegaskan, dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar harus menggunakan Lanang Bango tidak terkecuali.

“Jadi tidak boleh lagi membeli minyak kelapa pabrik, saya harap semua ASN harus menggunakan Lanang Bango produk Sangihe ini,” tegas Gaghana. “Pembuatan produk lanang bango ini juga sudah menyebar di Kabupaten Sangihe, nantinya kita akan membuat satu terobosan produk turunan dari buah Kelapa,” timpalnya. (Andika)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.