Ratusan Juta Anggaran untuk Pin Emas Anggota DPRD Sangihe Periode 2019-2024.

Sangihe – Pelantikan 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sangihe periode 2019-2024 yang rencananya akan dilantik pada tanggal 28 Agustus 2019 nanti terus dipersiapkan. Sekretaris DPRD Sangihe Aris Pilat mengatakan untuk pelantikan DPRD yang baru sejak pekan lalu terus dimatangkan.

“Sementara dilakukan persiapan untuk pelantikan anggota DPRD yang terpilih dari hasil Pilcaleg yang lalu,” ujar Pilat, Senin (26/8/2019) diruang kerjanya.

Dikatakannya, dari beberapa persiapan, salah satunya sudah rampung yakni kesiapan Pin emas yang nantinya akan disematkan kepada anggota DPRD yang baru. Dikatakannya, pengadaan pin emas dengan anggaran ratusan juta ini akan diserahkan sehari sebelum pelantikan.

“Pin emas sudah siap, nantinya akan diserahkan satu hari sebelum pelantikan. Masing-masing anggota DPRD ini akan memiliki 10 gram pin emas dengan harga Rp 7 jutaan. Ini sudah sesuai dengan PP nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan DPRD,” tukas dia.

Sedangkan untuk pimpinan dewan belum ada kepastian dari Partai yang mengusulkan yaitu Partai Golkar Sangihe dan Partai Demokrasi Indonesiap Perjuangan (PDIP). Namun menurut Pilat, pihak sekretariat DPRD sudah menyurat.

“Untuk kepastian pimpinan dewan belum ada, tapi kami sudah menyurat ke partai Golkar dan PDIP. Kalau sesuai regulasi memang untuk pimpinan dewan itu adalah kursi terbanyak, namun jika jumlah kursi sama maka diambil suara terbanyak,” ucap dia.

Lanjut dia, untuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan dilakukan penetapan pimpinan sementara yang nantinya akan bertugas untuk menyiapkan penetapan pejabat definitif.

“Nantinya akan ditetapkan pimpinan sementara. Untuk penetapan pejabat definitif yakitu Ketua, wakil ketua, pembentukan fraksi dan penyesuaian tata tertib DPRD serta rapat-rapat lainnya,” pungkas Pilat. (Andika)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.