Restocking Ikan Tawes Kementrian Kelautan dan Perikanan RI di Danau Sineleyan.

TOMOHON – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, dalam hal ini Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu bersama Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon, menggelar kegiatan penebaran ikan di perairan umum atau restocking dengan jenis ikan tawes, di danau Sineleyen Tomohon, Kamis 12/9-2019.

Kegiatan ini dengan tujuan pengkayaan stock ikan di perairan umum, pelestarian sumberdaya alam seperti komoditi perikanan dan untuk meningkatkan hasil tangkapan masyarakat di perairan umum tersebut.

Adapun ikan yang ditebar ini bukan jenis invasif (tidak menyerang ikan lain dan tidak mengganggu populasi ikan lain) tetapi jenis ikan tawes ramah lingkungan dan makan gulma.

Kegiatan ini sudah yang kedua kalinya dilaksanakan di danau ini dengan ukuran yang di lepas yakni 8-10 cm yang ditebar dengan jumlah 100.000 ekor.

Kadis Pertanian dan Perikanan Steven Waeoruntu, mengatasnamakan pemerintah Kota Tomohon mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu yang telah membantu kami dalam hal ketersediaan ikan di perairan umum.

Tentunya dengan dukungan seperti ini akan menambah kekayaan alam kita yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Tomohon. Ini juga bukti bahwa kerjasama yang terjalin selama ini semakin baik antara kami dengan pihak balai. Kami berharap masyarakat semakin menyadari bahwa hal ini semata-mata untuk kepentingn masyarakat, ujar Kadis.

Hadir dalam kegiatantersebut, Balai Perikanan Budidaya Air Tawar Tatelu Markus Soande, S.St.Pi. dan Jhonly Solang, S.Pi. M.Si, Kadis Petanian dan Perikanan Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Tengah Michael Joseph, S.STP dan Lurah Talete Satu Rommy Mamuaja, SP. (Novi)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.