Lanal Tahuna Gelar Penanaman 3.000 Bibit Pohon Bakau.

Sangihe – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 74 Tahun. Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahun menyelenggarakan penanaman pohon mangrove sebanyak 3.000 bibit.

Penanaman pohon bakau jenis Rhizophora ini bertempat di kompleks Pertamina Tahuna, kelurahan Tapuang, kecamatan Tahuna timur melibatkan Instansi Vertikal yakni Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Tahuna, Pengawasan Sumber Daya Kelautan (PSDKP) tahuna dan Siswa/siswi SMA.

Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Donny Aribowo mengatakan, kegiatan penanaman mangrove ini merupakan perintah langsung dari Panglima TNI, dalam rangkaian kegiatan HUT ke-74 TNI.

“Tujuan dari kegiatan ini utamanya adalah menyelamatkan anak cucu kita, selain itu pohon mangrove ini bisa jadi objek wisata, dan berfungsi menahan ancaman dari abrasi” ujar Aribowo.

“Hari ini ditanam sekitar 500 bibit bakau, selanjutnya akan diteruskan oleh TNI dalam hal ini Lanal Tahuna dan masyarakat sampai 3.000 bibit. Karena semuanya di seluruh Indonesia sebanyak 300.074 bibit,” timpal Aribowo.

Sementara itu Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME mengemukakan penanaman manggrove ini merupakan gerakan yang memberikan pemahaman tentang betapa pentingnya penghijauan, betapa pentingnya penanaman pohon dan ini dimulai dari pantai hingga ke gunung.

“Ini adalah sebuah komitmen kita dalam kerangka HUT TNI seperti tema menyelamatkan bumi, tentu sebagai pemerintah daerah kami sangat berterima kasih atas partisipasi aktif dari TNI dan Polri, untuk sama-sama kita yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe, untuk mengambil bagian gerakan penanaman pohon khususnya bakau di wilayah ini,” kata Gaghana.

Bupati berharap, penanamam mangrove ini bisa memberikan penyadartahuan bagi masyarakat, hingga masyarakat bisa secara langsung memberikan andil untuk memelihara dan melestarikan hutan mangrove.

“Mudah diikuti oleh komponen yang lain, untuk mampu melihat betapa pentingnya penghijauan. Ini merupakan hal yang sangat penting bagi kita semua yang ada di Kabupaten Sangihe,” pungkasnya. (Andika)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.