Bupati “JS” Ketua Mabimcab dan “DLR” Ketua Kwarcab Mitra di Kukuhkan

MITRA – Pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabimcab) Praja Muda Karana (Pramuka) Minahasa Tenggara (Mitra) dilantik dan dikukuhkan bersamaan dengan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka. Pengukuhan para mabimcab dan kwarcab tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangsih positif bagi kemajuan generasi muda sedari tingkat siaga sampai pandega, 7-25 tahun.

Pelantikan dilakukan pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Sulawesi Utara (Sulut) Vanda Sarundajang melalui Sekretaris, Maurits Berhandus, di Sport Hall Kantor Bupati Kelurahan Wawali Pasan Ratahan, kemarin.

Dalam sambutannya Ketua Mabimcab James Sumendap mengatakan kalau keberadaan gerakan pramuka, kepanduan, sangatlah penting membentik akhlak generasi muda. “Apalagi kemajuan teknologi sekarang ini, sangatlah berpengaruh terhadap mental dan karakter anak. Keberadaan pramuka kini sudah ditunjang dengan UU 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan ini kiranya dapat berjalan baik di Mitra dengan kepengurusan yang ada,” ungkap Sumendap yang juga Bupati Mitra itu.

Menurut dia, pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya. “Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah  dan di luar lingkungan keluarga  dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka. Tentunya dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Pramuka juga mengartikan jiwa muda yang suka berkarya. Ingat itu,” tandas bupati.

Sementara, Ketua Kwarcab Djein Leonara Rende dalam pemaparannya menyatakan, pihaknya akang berupaya memajukan sifat kepanduan di Mitra dengan melaksanakan metode yang ada. Dirinya juga sedikit me-rewind ulang masa sekolahnya dahulu.

“Kala (saya, red) sekolah dulu, kegiatan pramuka banyak digemari. Tapi sekarang rupanya sudah kurang. Nah tugas kami disini yakni membangkitkan kembali semangat kepanduan demi menciptakan karakter, mental dan akhlak generasi penerus kita,” beber Rende yang juga merupakan First Lady Mitra itu.

Disatu sisi, Ketua Kwarda melalui Sekretaris Maurits Bernhandus memberikan apresiasi atas adanya kepengurusan baik Mabimcab maupun Kwarcab Mitra. “Pertama kami memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah daerah sekaligus memberikan selamat telah dikukuhkan untuk masa bakti 2020-2025,” kata Maurits.

Dia pun membeberkan sejumlah program eksternal, kegiatan kepramukaan baim tingkat lokal, nasional maupun internasional. “Namun yang terpenting bagaimana kita membangun jiwa kepanduan tanpa melupakan Dasa Dharma Pramuka, janji setia pramuka,” pungkas Maurits.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut jajaran eselon II Mitra yang menjadi pengurus Mabimcab, anggota DPRD Mitra dan DPRD Provinsi serta Forkopimda Mitra. (JS)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.