80 Warga Talaud Terinfeksi Hingga Meninggal Akibat HIV/AIDS

Talaud – Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Kepulauan Talaud kian mengkhawatirkan, dimana jumlah penderita mencapai angka 80 orang bahkan telah menelan korban jiwa. Bupati Talaud Elly Engelbert Lasut bersama Wakil bupati Moktar Arunde Parapaga pun langsung mengambil sikap guna menangani penyebaran virus mematikan itu.

“Kita kan tahu bahwa, penyebaran AIDS ini bagaikan gunung es, jadi harus di antisipasi, di waspadai dan kita tidak boleh diam saja menunggu korban dari waktu ke waktu.” ungkap bupati.

Lasut pun meminta agar Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud untuk segera melakukan tindakan, guna menekan angka kasus HIV/AIDS ini.

“Untuk mengantisipasi virus AIDS dan juga pengawasan serta kontrol terhadap pengidap penyakit AIDS yang tentunya harus di lakukan secara manusiawi,” terang Bupati.

Terpisah, Irma Cristiani Pontoh Amd. Kep selaku Pengelolah Program HIV di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud mengatakan sejak tahun 2013 hingga tahun 2019 lalu tercatat ada sebanyak 80 warga Talaud yang positif HIV/AIDS.

“Dari Tahun 2013 sampai tahun 2019 terdata ada 80 orang positif HIV, dan 11 orang telah meninggal dunia akibat terinveksi HIV,” beber Pontoh

Diungkapkannya pula, virus mematikan itu ditularkan dari luar daerah dimana, ada masyarakat yang keluar daerah atau merantau dan terinfeksi virus tersebut, kemudian pulang ke Talaud dan kemudian tertular ke orang lain.

“Penularannya melalui hubungan intim dan kebanyakan itu dari luar daerah, kemudian sudah terinfeksi, lalu kembali ke talaud, juga penularanya lewat hubungan seksual sesama jenis,” bebernya. (Mailen)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.