Kota Tomohon Raih Peringkat 1 Sulut dan 10 Besar Nasional Sensus Penduduk Online

TOMOHON – Kota Tomohon kembali meraih penghargaan dari BPS-RI atas suksesnya  sensus penduduk online 2020. Penghargaan ini ditandai dengan penyerahan piagam BPS- RI, dan dilaksanakan di ruang kerja Walikota, Senin (27/7/20).

Walikota Tomohon JFE yang diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang dalam sambutan menyampaikan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap respon penduduk yang ada di Kota Tomohon, yang telah berpartisipasi dalam pengisian Sensus Penduduk Online Tahun 2020.

Dikatakannya, pencapaian presentase response rate ini merupakan kabar gembira untuk seluruh  masyarakat yang membuktikan bahwa koordinasi, kolaborasi dan sosialisasi antara Pemerintah Provinsi, pemerintah Kota, BPS Provinsi, BPS Kota Tomohon, yang terbukti berjalan dengan baik serta saling bahu membahu untuk mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

” Saya ucapkan terima kasih kepada BPS – RI yang sudah memberikan reward kepada Kota Tomohon, seperti yang kita lihat bukan hanya selembar kertas indah yang difigura namun makna yang terlampir sangan tinggi dan luas. Untuk itu, saya secara pribadi tentu mengucapkan selamat dan ucapan terima kasih kepada seluruh kompinen masyarakat Kota Tomohon yang sangat mendukung sensus ini dan sukses mendapatkan penghargaan, sehingga membuktikan bahwa rakyat tomohon merupakan rakyat yang cerdas, patuh dan peduli”.

Walikota menegaskan bahwa sensus penduduk bukan hanya urusan Badan Pusat Statistik (BPS), tetapi urusan bersama semua pihak.

Maka masyarakat harus pahami bersama bahwa akurasi data merupakan kunci suksesnya pelaksanaan suatu program, maka pemerintah Kota Tomohon sejak awal berkomitmen mendukung kelancaran berbagai program sensus yang dilaksanakan BPS.

Dengan terlaksananya sensus penduduk dengan hasil data yang bagus akan menjadi dasar dalam mengambil keputusan  pemerintah  baik pusat, provinsi dan daerah, maka pemerintah Kota Tomohon mengajak semua pihak yangbada untuk terus bersinergy dengan pemerintah Kota Tomohon.

Lolowang menambahkan, hal ini tentunya memerlukan kepedulian bersama, karena target-targer pembangunan akan lebih tepat lagi apabila sensus penduduk seperti saat ini,

Dan pemerintahpun menhharapkan adanya kerjasama yang terjalin antara pemerintah Kota dan BPS terus ditingkatkan sehingga berbagaibprogram yang telah ditetapkan pemerintah dapat diikuti oleh seluruh warga Kota Tomonon yang saat ini sudah meneraokan smart city.

Dan oleh karena itu prestasi yang diraih saat ini kiranyavakan mendorong BPS untuk terua meningkatkan kapabilitasnya dan pemkot akan terus memberikan dukungan penuh bagi pelaksanaan program BPS yang ada di Provinsi Sulut dan Kota Tomohon.

Dalam kesempatan itu kepala BPS RI Dr. Suhariyanto dan Kepala BPS kota Tomohon Hirsfeld Manullang S.Si, M.Si memberikan aprsiasi kepada Kota Tomohon yang masuk peringkat 10 besar secara Nasional dalam SP Onlinr dengan capaian 73,99% dan merupakan peringkat 1 se Sulut.

Hal ini mengharuskan BPS RI memberikan penghargaan dalam prestasi  sebagai Kota dengan target capaian respon rate yang melebihi target dakam pelaksanaan SP Online.

Selain itu dalm kesempatan itu pula BPS Kota Tomohon memberikan penghargaan kepada kelurahan-kelurahan yang target capaian respin ratenya melebihi target dalam pelaksanaan SP Online, yakni :

– Peringkat 1, kelurahan Taratara III,

– Peringkat 2, Kelurahan Rurukan I

– Peringkat 3, Kelurahan Pinaras.

Nampak hadir dikegiatan ini kepala BPS Kota Tomohon, Ketua Mako SP 2020 Kota Tomohon Herman Tinungki, SE, Kepala seksi Statistik Sosial Lunda Oroh, SE, Asisten Sektetaris Daerah, jajaran pemkot Tomohon dalam hal ini Camat dan Lurah yang mendapatkan piagam penghargaan. (Novita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.