KPK Terus Lakukan Monitoring Dalam Upaya Pencegahan Korupsi di Daerah 

TOMOHON – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Bank Pengelola dana untuk penanganan Covid – 19 yakni Bank BPD Sulutgo, yang di ikuti Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V Lolowang, bertempat di ruang kerja Kediaman Walikota Tomohon, Rabu (15/7/20).Rakor ini dilaksanakan melalui Video Converence.

Dalam rapat membahas tentang pencegahan Korupsi dan Pengelolaan Bank Pembangunan Daerah (BPD) dan optimalisasi Pendapatan Daerah Melalui Peningkatan peran Bank BPD Sulutgo.

Satgas Korwil I, Maruli Tua Manurung selaku pembawa materi KPK menyampaikan bahasan tentang area intervensi  KPK melalui Korwil yakni perencanaan, pengadaan barang dan jasa, perizinan dan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah tata kelola dan desa juga pemateri lainnya yakni Kasatgas Korwil 3, Aida Zulaiha.

Maruli menjelaskan KPK memiliki program khusus tahun 2020 yakni fokus pada penanganan covid, optimalisasi BUMD dan koordinasi program pencegahan korupsi,

Dikatakannya pula KPK akan terus melakukan monitoring agar upaya-upaya pencegahan korupsi di daerah terus berjalan dan pentingnyabperan aktif AparatvPengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Selanjutnya Dirut Bank Sulutgo menyampaikan dukungan Bank Sulutgo dalam pengelolaan keuangan daerah yakni dukunyan inovasi produk untuk Pemerintah Daerah, dukungan Informasi Teknologi, dukungan Jaringan dan layanan serta Optimalisasi pendapatan Daerah.

Ditambahkankannya, kontribusi Bank Sulutgo terhadap Pemda di Sulut dan Gorontalo yakni dengan mengadakan oenempatan kasda di Bank Sulutgo, pemasangan alat monitoring transaksi untuk optimalisasi penerimaan daerah dan Kontribusi deviden terhadap APBD.

Dan inti dari rapat ini menekankan pada pencegahan korupsi dalam pengelolaan Bank BPD melalui melalui peningkatan peran Bank Sulutgo.

Diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan koordinasi, monitor dan supervisi pemberantasan tindak pidana korupsi melalui rakor via vidcon yang diikuti para Gubernur dan para Bupati dan Walikota serta Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold Lolowang , MSc didampingi Kaban Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Drs. Gerardus Mogi. (Nivita Pangkey)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.