Bupati “VAP” Jadi Irup HUT RI Ke-75 di Masa Pandemi Civid-19

MINUT – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75, 17 Agustus 2020 dengan tema “Indonesia Maju” yang artinya, yakni untuk merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Perayaan HUT RI Ke-75 tahun ini memang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Itulah yang pertama kali muncul dipandangan mata kita, perihal upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun di Kabupaten Minahasa Utara.

Ya memang beda. Upacara bendera 17 Agustus 2020 di masa pandemi Corona Cirus Disease (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara digelar secara terbatas, dengan memgutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat dari Pandemi Covid-19.

Biasanya, upacara HUT RI digelar di lapangan kantor bupati yang luas, yang berada di belakang kantor bupati. Namun tahun 2020 ini, digelar di lapangan depan kantor bupati. Ukurannya hanya separoh dari lapangan belakang kantor bupati.

Tahun-tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera terdiri Formasi 17 merupakan formasi pengiring atau pemandu, yang berbaris paling depan. Kemudian Formasi 8 adalah formasi inti yang berada di belakang formasi 17. Formasi 8 ini berisikan pembawa baki bendera, pengibar bendera, dan sejumlah pendamping dan pelengkap. Sedangkan formasi 45 disebut formasi pengawal, berbaris di belakang formasi 8. Semuanya berjumlah 68 orang.

Namun saat ini, tinggal formasi 4 orang, 3 pengibar bendera dan 1 pemimpin kelompok pengibar. Pengurangan jumlah anggota Paskibraka ini dikarenakan, Peringatan HUT RI yang ke-75 kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Sehingga untuk menerapkan protokol kesehatan maka petugas upacara Hari Kemerdekaan RI ke-75 dikurangi.

Undangan pun dibatasi. Hanya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Minahasa Utara, yakni Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari Airmadidi, Ketua Pengadilan Negeri Armadidi, Kapolres Minahasa Utara, Kapolresta Manado, Dandim 1310 Bitung, Dandim 1309 Manado. Selanjutnya Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretaris Daerah dan Kepala Perangkat Daerah.

Kemudian, Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Camat, Direktur RSUD Maria Walanda Maramis, Dirut PUD Klabat, Dirut PDAM. Kepala BPS Minahasa Utara, Kepala BPN Minahasa Utara dan Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Utara.

Peserta upacara pun dibatasi juga, baik TNI, Polri maupun Kopri Aparatur Sipil Negara.Tepat pukul 09.00 Wita, upacara dimulai dan Bupati Minahasa Utara DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan sebagai inspektur upacara (irup) dan komandan upacara Kapt Inf Sunaryo.

Pengibar bendera merah putih dipercayakan kepada Natanael Tamara, Bernard Kolondam dan Mishalya KW Ombuh dan pemimpin kelompok Vicky Panambunan.

Pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Denny Lolong, doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Minut. Usai upacara, dilanjutkan foto bersama Forkopimda dengan mengikuti protokol kesehatan.

(INNOR/YAN)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.