Bupati ROR dan Wabup RD Terima Kunjungan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni

MINAHASA – Bupati Minahasa DR. Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi menerima kunjungan kerja Pjs. Gubernur Sulawesi Utara DR. Drs. Agus Fatoni, MSi, bersama Forkopimda Sulut, Selasa (13/10-2020) Di Aula Benteng Moraya Tondano

Bupati Minahasa dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan selamat bakudapa kepada Pjs. Gubernur Sulawesi Utara, kunjungan ini merupakan kehormatan dan penghargaan yang tinggi bagi Pemerintah dan rakyat Minahasa.

Kesempatan itu Bupati ROR  melaporkan secara singkat menyangkut kabupaten Minahasa yang merupakan kabupaten yang sudah sangat tua, dimana usianya sudah akan memasuki 592 tahun pada 5 November mendatang. Potensi Kabupaten Minahasa yaitu cengkih dan kelapa sebagai komoditas unggulan dan tanaman holtikultura yang menjadi primadona di beberapa kecamatan.

Bupati juga menyampaikan beberapa program strategis yang telah dilaksanakan selama menjabat bersama wakil bupati, antara lain mencover masyarakat Minahasa melalui program BPJS kesehatan walaupun saat ini memang menjadi beban berat karena iurannya mengalami peningkatan hampir 100 persen dan perubahan kebijakan akibat covid-19. Pemberian dana duka, bantuan seragam sekolah bagi anak-anak yang akan masuk sekolah SD dan SMP, pemberian insentif setiap bulan bagi tokoh agama, mengcover perangkat desa/kelurahan serta THL dalam program BPJS Ketenagakerjaan, mencover pekerja informal melalui program mapalus BPJS Ketenagakerjaan, Bantuan bagi masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran maupun bencana alam, serta program-program pembangunan lainnya di semua sektor.

Berkaitan dengan penanganan Covid-19, Pemerintah bersama Forkopimda Minahasa bersinergi untuk melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, yaitu dengan gerakan sejuta masker diadakan oleh Pemda,

Adapun Dana Desa serta bantuan dari berbagai pihak, penyiapan 2 unit rumah singgah dengan kapasitas 66 kamar, pelaksanaan Rapid test masal ditempat berkumpulnya masyarakat seperti di pasar, pusat pelayanan dan terminal, pelaksanaan swab masal di beberapa titik, dan memberikan bantuan sembako, bantuan sosial tunai, bantuan langsung tunai kepada masyarakat terdampak covid-19.

Kondisi kehidupan masyarakat minahasa sampai saat ini berlangsung dalam suasana rukun dan damai, walaupun Minahasa juga merupakan daerah yang plural. ini semua berkat topangan FKUB Minahasa yang selalu menjembatani komunikasi dari berbagai kemajemukan yang ada. Serta semua tahapan pelaksanaan Pilkada serentak dikabupaten Minahasa sampai saat ini berlangsung dengan baik dan suasana kondusif, ucap Bupati Roring.

Turut hadir, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Polisi Drs. Panca Putra Simanjuntak, MSi, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH, Danlantamal VIII Brigjen TNI Marinir Donar Philip Rompas, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, SH, Mewakili Danlanud Sri, mewakili Ketua Pengadilan Tinggi, Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, S,Sos, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf. Herberth Andi Amino Sinaga, SIP, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH, MKn, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST. Iko sudjatmiko, SH, MH, Para Asisten Sekdakab Minahasa bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Ketua KPU Minahasa Lord Malonda, SPd, Ketua Bawaslu Minahasa Rendy Umboh, dan FKUB Kabupaten Minahasa. (Marchel/Frayno)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.