Pos SAR Tahuna Gelar Siaga SAR Khusus

Sangihe – Dalam rangka libur bersama dan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pos Search And Rescue (SAR) Tahuna menggelar siaga SAR khusus mulai tanggal 27 Oktober hingga 2 November 2020. Siaga SAR khusus ini dilaksanakan disejumlah titik yaitu Pelabuhan Tahuna, Bandar Udara Naha serta sejumlah tempat wisata di Kabupaten Sangihe.

Dikatakan Kordinator Pos SAR Tahuna Steven Lumowa, dalam mensukseskan siaga khusus ini pihak Pos SAR telah menyiapkan peralatan utama (Alut) yang nantinya akan beroperasi di laut maupun di darat.

“Alut sudah disiagakan. Selain kesiapan alut, Pos SAR Tahuna menyiapkan lima personil organik dan dua personil non organik untuk melakukan operasi. Kami juga akan berkordinasi dengan pemerintah daerah untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ujar Lumowa, ketika dikonfirmasi.

Menurutnya, pelaksanaan siaga khusus ini bertujuan untuk melakukan pemantauan baik itu arus mudik dari luar ataupun dari dalam Tahuna, serta giat wisata masyarakat di tempat yang berpotensi membahayakan jiwa manusia.

“Siaga khusus ini juga untuk penyeragaman pelaksanaan di lapangan sehingga semua daerah wajib melaksanakannya. Giat yang sama juga akan dilaksanakan pada perataan Natal dan Tahun baru nanti,” tutup dia. (Andika)

Rate this article!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.