Aksi Pencurian di Pasar Esa Waya Kawangkoan Kerap Terjadi Pedagang Resah. 

MINAHASA – Sejumlah pedagang di pasar Esa Waya  Kawangkoan menjadi tidak nyaman, pasalnya aksi pelaku pencurian kerap terjadi di pasar tersebut.  Hari ini; senin 9 November 2020, Seorang pedagan beras (Jones Suoth) di pasar Esa Waya Kawangkoan  mengalami kerugian akibat kehilangan lima sak beras pada kiosnya yang bernomor 17.

Dari pantauan media ini kronologi kejadian di duga pelaku melancarkan aksinya dengan membobol gembok kios tersebut.

Menurut Jones kejadian pencurian di Pasar tersebut hampir tiap minggu terjadi.  Karena minggu lalu juga beberap kios rumah makan mengalami kerugian akibat di gasaknya beberapa tabung gas yang ada dalam kios.

Adri Salah satu warga kompleks pasar menaggapi dan memberikan masukan pada media ini bahwa; keamanan pasar merupakan salah satu bentuk service yang patut di berikan kepada pedagang oleh pihak pengelola pasar. Sudah tentu hal ini harus di sikapi oleh petugas dengan membentuk siskamling di area pasar.   Nel salah satu pedagang mengharapkan agar terbentuknya satuan keamanan di area pasar. berikut penuturannya; ” So nyanda nyaman komang torang selaku pedagang ja kase tinggal atau titip barang di pasar kalu begini… Bukan mendapat keuntungan, justru kerugian karena tidak terjaminnya keamanan dalam pasar.

Kami pedagang sangat mengharapkan agar pasar Esa Waya Kawangkoan dapat menjamin para pelaku dagang dari sisi keamanan, baik di saat kami  beraktivitas jual beli dan saat kami meninggalkan barang kami di pasar.

Kapolsek Kawangkoan Saat di konfirmasi dengan kejadian tersebut, menanggapi bahwa; pihakn polsek senantiasa  melakukan patroli kamtibmas.  Dan terkait dengan kejadian pencurian di pasar, bukan berarti tidak adanya operasi patroli, karena demikianlah kiat pelaku pencurian, selalu melihat celah dan kesempatan.   Dan untuk masalah pasar tersebut sudah tentu harus di ciptakan satuan keamanan pasar yang di tangani oleh pihak pasar. Sudah tentu kami akan membackup akan hal tersebut. Tutur Kapolsek.

Kepala pasar Kawangkoan Meidy Moniung saat di konfirmasi terkait kejadian tersebut menaggapi bahwa, pihaknya terus berkodinasi dengan pihak polsek dan akan segera membentuk pengamanan pasar.

( Farly Bujung )

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.