Bupati Sangihe Berikan Bantuan Bagi Puluhan Kelompok Nelayan

Sangihe – Sebanyak 32 kelompok nelayan menerima bantuan dari Pemerintah daerah kepulauan Sangihe. Adapun bantuan yang diterima warga nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUH) yakni masing-masing 50 unit Cool box bagi 24 KUB, serta Alat tangkap ikan handline sebanyak 50 paket diterima oleh 8 KUB.

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME, Kamis (03/12/2020) di Papanuhung rumah jabatan bupati. Bupati, dalam sambutannya memberikan apresiasi bagi Dinas Kelautan dan Perikanan, yang selalu intens membantu warga nelayan di Kabupaten Sangihe.

Bupati mengemukakan, sebagai kelompok nelayan yang sudah menerima berbagai bantuan dari Pemerintah daerah agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut secara maksimal.

“Saya ingin kalian (warga) benar-benar tahu dan paham, bahwa usaha-usaha dari pemerintah daerah ini untuk mewujudkan harapan dan kerinduan teman-teman nelayan. Saya terus terang, cukup banyak yang mengajukan proposal, mungkin ada seribuan. Namun sayangnya kita ada keterbatasan anggaran baik dari APBD, DAU, DAK serta dana bagi hasil. Untuk itu bagi penerima bantuan, saya sangat berharap agar bantuan ini dikelolah dengan baik,” tegas Gaghana.

Lanjut dia katakan, bahwa adanya bantuan ini merupakan bukti bahwa Pemerintah daerah berusaha semaksimal mungkin untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sangihe.

“Saat ini memang di kondisi Pandemi Covid-19, yang sangat bertahan dan mampu menjaga stabilitas ekonomi kita ada pada sektor pertanian dan perikanan. Kita berharap dari sektor perikanan akan lebih maksimal untuk memanfaatkan bantuan yang telah disalurkan, untuk kepentingan kesejahteraan dari nelayan,” jelas dia.

Bupati juga meminta dukungan dari masyarakat, dimana saat ini Pemerintah daerah tengah berjuang dengan keras untuk melobi ke Pemerintah pusat terkait dengan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Sangihe saat ini diberikan ruang untuk mengajukan proposal pengajuan dana PEN ini, semoga dana PEN ini bisa menyentuh masyarakat kabupaten sangihe. Dari dana ini banyak juga ada di sektor perikanan dan pertanian, anggarannya cukup besar. Dana PEN ini bertujuan untuk mendorong maju pertumbuhan ekonomi yang sempat turun akibat pandemi covid-19, akan kita upayakan,” tutup dia. (Advertorial)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.