Wabup Rembang Studi Tiru di Kabupaten Sigi

MINSEL – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Wakil Bupati Pdt. Petra Y. Rembang, M.Th, lakukan Studi Tiru di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah, terkait Kesiapsiagaan Daerah Rawan Bencana Alam (gempa bumi & potensi tsunami), Pada Selasa (04/01-2022).

Setibanya Wabup Pdt. Petra Y. Rembang M.Th, sebelum bertemu dengan Pemerintah  Kabupaten Sigi, di sambut dengan secara adat oleh warga setempat, hal tersebut bagian dari kearifan lokal daerah setempat oleh dewan pemangku adat dan memiliki makna, diterima bukan hanya sebagai Tamu melainkan bagian dari Saudara, yang berlokasi di Desa Matauwe Kec. Kulawi Kabupaten Sigi .
Suku Kulawi  merupakan suku yang berasal dari provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Sigi yang masih masuk daerah Donggala. Wilayahnya meliputi Danau Kulawi, Danau Lindau, Dataran Gimpu, dan sekitar aliran sungai Koro yang telah dihuni oleh leluhur mereka sejak masa zaman prasejarah. Suku ini merupakan suku yang termasuk suku minoritas di provinsi Sulawesi Tengah yang berkomunikasi menggunakan bahasa Momaa dan sebagian besar menganut agama Kristen sejak tahun 1913.
Usai diterima secara adat, Wakil Bupati langsung bertemu dan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Sigi yaitu Bupati Mohamad Irwan Lapatta, S.Sos,M.Si, Wakil Bupati Kab. Sigi Dr. Samuel Yansen Pongi, SE, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Andi Ilham, S.Sos,MM,  dan Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Ir. H. Iskandar Nongtji, ST,MM.
Menurut Wabup Rembang, dipilihnya Kabupaten Sigi Karena selama ini memang terkenal rawan bencana alam, maka senada dengan Sambutan Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH pada Apel Kesiapsiagaan Bencana (Jumat 12 november 2021) bahwa Paradigma Penanggulangan Bencana telah Berubah dari Responsif menjadi Preventif, untuk itu diharapkan semua Stakeholder berperan aktif dalam upaya upaya Preventif dalam Penanggulangan Bencana alam. Sehingga Kabupaten Sigi lah tempat kami pilih lakukan studi tiru.
Meski menempuh perjalanan darat yang cukup jauh ke Kabupaten Sigi, dikarenakan merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tengah selama ini rawan bencana alam mulai dari gempa bumi, tanah longsor, banjir dan angin puting beliung Pada tahun 2018, bencana alam gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,4 di Kabupaten Sigi, Memasuki Tahun 2019, berbagai bencana alam banjir bandang dan tanah longsor kembali melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi, yang berbatasan langsung dengan Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng, dan Kabupaten Donggala selama ini memang terkenal rawan bencana alam.  (Jaan)
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.