Minahasa Utara Terima Opini WDP Dari BPK

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan Bolaang Mongondow Utara dalam acara penyerahan LHP BPK.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dan Bolaang Mongondow Utara dalam acara penyerahan LHP BPK.

BUPATI Drs Sompie SF Singal MBA, menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara atas laporan keuangan Kabupaten Minahasa Utara Tahun 2014. Buku LHP diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Utara Drs Andy K Lologau SE MM Ak. Penyerahan dilakukan diaula kantor BPK  Jalan 17 Agustus Manado, Kamis 4 Juni 2015. Dalam penyerahan hasil pemeriksaan tersebut, Minahasa Utara mendapat opini  Wajar Dengan Pengecualian (WDP), opini tersebut sama dengan opini hasil pemeriksaan keuangan tahun 2013 lalu.

BPK juga menyerahkan buku LHP kepada DPRD Minahasa Utara dan diterima anggota DPRD Ir Lucky Kiolol. Penyerahan disaksikan Sekretaris Daerah Ir Sandra T.P Moniaga MSi serta sejumlah Kepala Satua Kerja Perangkat Daerah (SKPD), pemerika BPK dan lainnya.

Penyerahan  LHP tersebut, bersamaan dengan  LHP Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dan diterima Bupati Bolmut Depri Pontoh serta Ketua DPRD  Bolmut. Bolmut juga menerima Opini WDP, sama dengan Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam sambutan, Kepala  BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara mengatakan, pemeriksan ini tak lain sesuai dengan mandat dan kewajiban seperti  diatur dalam aturan mengenai keuangan negara serta perbendaharaan negara. Hasil pemeriksaan BPK tentunya berdasarkan atas hasil laporan keuangan dari setiap pemerintah daerah. Katanya, dalam pemeriksaan ini tentunya didasarkan kriteria yakni, laporan atas pengunaan anggaran tentunya sesuai dengan kepatutan dan kepatuhan  aturan. Serta juga menampilkan adanya efektivitas pengendalian anggaran daerah, bahkan laporan yang disajikan lengkap tanpa ada penafsiran lain serta semua pemeriksaan dipedomani dengan aturan-aturan yang ada. “Untuk Minahasa Utara diberikan opini Wajar Dengan Pengecualian,” kata Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara.

Oleh BPK diserahkan  tiga buku yakni, buku opini, buku hasil pemeriksaan termasuk kelemahan-kelemahannya dan buku rekomendasi atas hasil pemeriksaan.

Bupati Drs Sompie SF Singal MBA saat memberikan sambutan.Sementara itu, Bupati Drs Sompie SF Singal MBA mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menyambut hasil kerja dari BPK Perwakilan Sulawesi Utara, yang telah melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan tahun anggaran 2014. Apapun hasilnya, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menyambut dengan baik dan memberikan apresiasi kepada BPK. Opini yang diberikan tentunya menjadi catatan emas dan  koreksi serta perbaikan untuk ditindaklanjuti, sehingga kedepan pengelolaan keuangan menjadi baik dan benar. Tambah Singal, semua pihak harus kerja keras dan kerja cerdas untuk menghasilkan yang baik dan terbaik untuk pembangunan Minahasa Utara. “Semua pihak harus memahami dan memaknai ini. Koordinasi dan komunikasi perlu dilakukan, sehingga pengelolaan keuangan di SKPD menjadi baik dan benar. Kita harus bangga dan patut diberikan apresiasi atas hasil ini,” tambah Singal.

Oleh BPK, Minahasa Utara dan Bolmut diberikan waktu 60 hari untuk mencermati dan menindaklanjuti LHP dari BPK tersebut.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.