Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal Antar SKPD

TOMOHON,Suarasulutnews.co.id-Bertempat di Taman Kota Tomohon di Kelurahan Paslaten kecamatan Tomohon timur diselenggarakan kegiatan Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal Antar SKPD dan dirangkaikan dengan Kegiatan Penyuluhan Sumber Pangan Alternatif.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon. Lomba ini dihadiri oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., Sekretaris Daerah Kota Tomohon DR. Drs. Arnold Poli, SH. MAP., Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon Ibu Ginny Poli – Ponamon, M.Pd., Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, MBA., Para Pejabat Eselon di Lingkup Pemerintah Kota Tomohon dan Para Peserta Lomba yang juga Anggota Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., dalam sambutannya mengatakan bahwa Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal Antar SKPD ini merupakan bentuk pemberdayaan Pemerintah Kota Tomohon yang pada prinsipnya untuk memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA). Pangan lokal dapat menjadi pilihan untuk dapat disajikan menjadi menu makanan B2SA yang sehat sekaligus juga dapat mengurangi kebutuhan manusia akan beras.

Setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat.

Melalui lomba cipta menu berbasis pangan lokal antar SKPD ini, kiranya mampu memberikan pengetahuan tentang pentingnya asupan gizi dalam menciptakan generasi yang sehat aktif dan produktif serta mendorong masyarakat terutama ibu-ibu selalu mampu dan mau mengembangkan kreatifitas pada makanan berbasis pangan lokal serta menghasilkan produk pangan yang berkualitas, lebih moderen dan dapat diterima masyarakat sebagai makanan pokok alternatif yang mulai ditinggalkan terutama oleh generasi mudanya.

Walikota Tomohon mengunjungi setiap meja peserta Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal Antar SKPD dan mencicipi menu makanannya. Jumlah peserta lomba adalah 45 peserta.

Tim Juri terdiri dari Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tomohon Ibu Ginny Poli – Ponamon, M.Pd., Ferdi Makalew, SE. selaku Dosen Food Production, Executive Chef Lokon School, Fathia Pakaya dari Badan Ketahanan Pangan Propinsi Sulawesi Utara, Ir. Joula Mamuaja, M.Si. dari Fakultas Pertanian UKIT dan Benny Purba dari Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon.

Hasil Lomba Juara 1 Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah Kota Tomohon, Juara 2 Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon, Juara 3 Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Harapan 1 Badan Penanaman Modal Kota Tomohon, Harapan 2 Sekretariat Dewan Kota Tomohon dan Harapan 3 Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan Kota Tomohon.

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.