Diduga ‘Sarat’ Wisata, Hasil Bimtek Bali,Sangadi Bakal Dievaluas

Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Muhammad Assagaf

Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Muhammad Assagaf

BOLTIM,Suarasulutnews.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Muhammad Assagaf akan mengevaluasi hasil Bimbingan Teknis (Bimtek) para Kepala Desa (Sangadi) yang dilaksanakan di Provinsi Bali baru – baru ini.

Evaluasi tersebut bertujuan untuk memastikan para Sangadi benar – benar menguasi materi bimtek atau tidak. Pasalnya, dari informasi yang diterima, jika dalam Bimtek itu disinyalir ada kegiatan yang dilakukan diluar dari tugas Sangadi, seperti kunjungan wisata.

“Jadi, hasil Bimtek nanti akan dievaluasi saat mereka pulang. Karena sebenarnya tugas utama mereka itu untuk bagaimana mempelajari tentang cara penyusunan sekaligus penguatan pengelolaan Dana Desa (DD) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes). Sebab, kedepan nanti anggaran yang akan disalurkan untuk dikelola oleh tiap – tiap Desa itu besar,” terangnya kepada sejumlah awak media belum lama ini.

Dirinya menjelaskan bahwa, kunjungan wisata boleh saja dilakukan para Sangadi. Akan tetapi, hal tersebut dilakukan setelah materi utama Bimtek yang diberikan oleh Kementerian keuangan RI sudah selesai.

“Yang paling utama tugas pokok para sangadi itu adalah menguasai materi Bimtek. Kalau belajar sampingan pariwisata masih bisa, tapi tugas pokok dulu yang harus dilaksanakan. Jika pulang dan tidak tahu pengelolaan desa itu akan berhadapan dengan saya. jadi harus minimal laporannya bagus,” tegas Assagaf.

Sekedar diketahui, kegiatan Bimtek mendapat pengawalan langsung dari Asisten I bidang pemerintahan, juga selaku Plt BPMPD Boltim, Amin Musa. Kegiatan yang di tujukan kepada 80 Sangadi yang ada di Boltim ini hanya diikuti oleh 69 sangadi. Dan sesuai jadwal, kegiatan tersebut akan berakhir hari ini. (Dhyrta)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.