Bupati Depri Buka Penyusunan Program Penyuluhan

BOROKO,Suarasulutnews.co.id -Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi membuka acara Penyusunan Programa Penyuluhan Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Rumah Makan Aroma Padang Desa Kuala Kecamatan Kaidipang.
Acara yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini bertujuan untuk mengsingkronisasi dan optimalisasi sistem penyelenggaraan penyuluhan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan dan mengkoordinasikan, memadukan serta menyelaraskan kegiatan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa dalam Penyusunan Programa Penyuluhan diharapkan dapat memberikan arah dan pedoman serta sebagai alat pengendali pelaksanaan penyelenggaraan penyuluhan, serta dalam penyusunan programa penyuluhan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tetap memperhatikan keterpaduan, disusun secara partisipatif dengan memperhatikan program penyuluhan tingkat Desa dan Kecamatan sesuai dengan kebutuhan pelaku utama dan pelaku usaha.
Programa penyuluhan merupakan rencana tertulis yang disusun secara sistematis, meliputi keadaan wilayah, dimana berisi keadaan umum wilayah, potensi dan produksi serta sarana dan prasarana penunjang penyuluhan. Dimana programnya juga memuat tujuan yang ingin dicapai serta cara mencapai tujuan yang disusun secara partisipatif dalam memberikan dukungan pencapaian penigkatan kesejahteraan pelaku utama dan pelaku usaha dengan mengkategorikan masalah umum dan khusus guna mempermudah mencari solusi.
Melalui kegiatan ini, Bupati mengajak kepada semua pihak agar pelaksanaan program penyuluhan serta program-program strategis lainnya dalam tahun anggaran 2016 harus benar-benar dilaksanakan dengan konsisten dan bertanggung jawab, selalu mengedepankan prinsip Good Governance yang mengutamakan efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas.
Selain itu, Bupati mengingatkan agar penyusunan program tetap memperhatikan program nasional terutama percepatan, pengawalan pembangunan pertanian dalam pencapaian swasembada pangan yang berkelanjutan berbasis potensi wilayah dan Upaya Khusus (Upaya Khusus) penigkatan produksi komuditas strategis serta program nasional lainnya sesuai kebutuhan Daerah.
Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. DJAKARIA BABAY, S.Sos, S.Mn, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. FARHAN PATADJENU, Kepala BP4K Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. FATMAH HUMOKOR, Koordinator Penyuluh BP3K dan Kelompok Tani se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.(andi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.