Pemkot Tomohon Gelar Upacara Peringati HARI PAHLAWAN NASIONAL 10 November

TOMOHON, Suarasulutnews.co.id-Hari ini tepatnya 10 November Pemerintah Kota Tomohon menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang juga dilaksanakan serentak di seluruh penjuru tahan air Indonesia.
Dalam Pelaksanaan Upacara hari pahlawan ini bertindak selaku inspektur upacara Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, sekaligus membacakan sambutan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa,.
Dalam sambutannya di jelaskan, peringatan Hari Pahlawan saat ini dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan, dengan terus bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan para Pahlawan bangsa yang termuat dalam sila ke-5 Pancasila.
Oleh karena itu nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan zaman karena pada setiap waktu dapat di implementasikan dan di revitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan zaman. Untuk itu, penyelenggaraan peringatan hari pahlawan selalu menjadi barometer tentang seberapa kuat keyakinan kita terhadap nilai-nilai kejuangan dari suatu proses kehidupan berbangsa dan bernegara, dan selain itu juga sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Selanjutnya dalam peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015 ini difokuskan untuk membangun kesadaran kolektif seluruh bangsa Indonesia sebagai representasi pengakuan, penghormatan penghargaan dari nilai-nilai kejuangan untuk diimplementasikan dalam kehidupan bernegara pada waktu kini dan akan datang.
Sedangkan tema Hari Pahlawan kali ini yakni “Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.
Langkah besar dan semangat kepahlawanan para pendiri bangsa itulah yang perlu didesiminasikan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memberikan penguatan semangat dalam menghadapi setiap tantangan dan ujian yang dihadapi negeri ini.
Untuk itu, marilah kita jadikan momentum ini sebagai langkah baru untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara yang maju dan bermartabat.
Hadir dalam upacara yang dilaksanakan halaman kantor walikota yakni Muspida Kota Tomohon Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. M. Wenur, Kapolres Tomohon AKBP. M. Simanjuntak, SIK, mewakili DANDIM 1302/ Minahasa Kapten Inf. Feky Welang, mewakili Kajari Tomohon Jaksa Fungsional Bpk. Baldhika Surengpati, SH, Anggota DPRD Kota Tomohon Erens Kereh, AMKL, Djemmy Sundah, SE serta seluruh Jajaran Pemrintah Kota Tomohon. (james moring)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.