DP3K Sangihe Kembali Siapkan Fasilitas Pertanian

Kepala DP3K Kabupaten Sangihe Ir Mathilda Lumeling

Kepala DP3K Kabupaten Sangihe Ir Mathilda Lumeling

TAHUNA,Suarasulutnews.co.id-Pemkab Sangihe tahun 2016 kembali menyiapkan fasilitas maupun sarana prasarana pertanian bagi kalangan petani. Fasilitas yang disiapkan seperti diinformasikan Kepala Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Ir M Lumeling, masing-masing puluhan pompa air, pupuk dan bibit pala jagung kedelai (Pajale) untuk 350 hektar serta 4 unit alat penanam padi yang akan ditempatkan di kampu Laine, Balane, Salurang dan Utarurano.
”Untuk program Pajale melibatkan penyuluh pertanian dari pihak Kodim SaTal,”ungkapnya.
Diinformasikan pula, tahun ini juga akan dibangun 6 paket jalan produksi yang anggaranya sudah tertatah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kepulauan Sangihe di tahun 2016.

“Jalan produksi ini untuk membantu kegiatan pertanian, supaya para petani mendapatkan akses dengan mudah menuju ke lahan pertanian dan perkebunan mereka,”kata Lumeling.
Dengan adanya suntikan fasilitas serta pembangunan jalan produksi, ia berharap dapat memotivasi para petani untuk meningkatkan produksi pertanian, yang kemudian akan memberikan dampak untuk kesejahteraan para petani itu sendiri.
”Pemerintah hanya memfasilitasi peralatan dan pembangunan jalan produksi sesuai dengan keluhan para petani, hingga diharapkan petani mampu meningkatkan hasil produksi pertanian dan
perkebunannya,”ujarnya.(fb)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.