Bupati Depri Resmi Buka DIklat Kepemimpinan Tingkat II

Bupati Depri Resmi Buka Diklat Kepemimpinan Tingkat IIBoroko,Suarasulutnews.co.id- Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2016 yang bertempat di Hotel Keakar Boroko.

Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tingkat III bertujuan untuk meningkatkan kompotensi kepemimpinan Pejabat struktural eselon III yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemimpinan di instansinya masing-masing. Diklat diikuti oleh 40 orang terdiri dari 11 orang pejabat eselon IIIa dan 29 orang pejabat eselon IIIb yang diutus dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bolmut, yang akan dilaksanakan dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 857 jam dengan rincian 254 jam pelajaran untuk pembelajaran klasikal dan 603 jam pelajaran untuk non klasikal.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pejabat struktural eselon III memiliki peranan penting dalam menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program-program, serta memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan program tersebut secara efektif dan efisien. Semua itu akan mengarah pada terpenuhinya rasa puas masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Pemerintah Daerah.

Untuk itu, melalui diklat kepemimpinan ini peserta diharapkan mampu mencapai persyaratan kompotensi kepemimpinan aparatur Pemerintah yang sesuai dengan jabatan struktural eselon III serta memiliki kesamaan pola pikir yang dinamis sehingga memiliki wawasan pengetahuan yang komprehensif dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kinerja aparatur yang mampu berinovasi di bidangnya.

Dalam mencapai kompetensi kepemimpinan peserta diklat harus melalui beberapa agenda pembelajaran, diantaranya agenda penguasaan diri, diagnosa perubahan, inovasi, tim efektif dan agenda proyek perubahan. Mengingat pentingnya momentum diklat ini, Bupati berharap tidak hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan jabatan melainkan harus menghasilkan perubahan sikap dan perilaku sesuai etika aparatur, serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam memimpin sebuah organisasi sehingga menjadi agen pembaharu yang mampu menunjukkan kinerja dalam melakukan inovasi sesuai visi dan misi instansi.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara Dr. Noudy R. P. Tendean, S.IP., M.Si., Unsur Forkopimda, Para Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Sulawesi Utara dan Para peserta Diklat Kepemimpinan tingkat III.(santo)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.