1344 Unit RTLH Telah Dibangun di Sangihe

Kadis Perkim Kabupaten Sangihe, Drs. Sukardi Adilang

Kadis Perkim Kabupaten Sangihe, Drs. Sukardi Adilang

Tahuna,Suarasulutnews.co.id-Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi salah satu kabupaten di Sulut yang kerab mendapat bantuan stimulan rumah rumah tak layak huni (RTLH) dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) maupun Kementerian Perumahan dan Pemukiman (Perkim). Bahkan dalam 3 tahun berturut-turut, sejak tahun 2013 hingga tahun 2016, bantuan perumahan untuk Sangihe berlangsung kontinu dengan jumlah rumah yang terbangun sebanyak 1344 unit.

Hal ini dibenarkan Kadis Perkim Sangihe, Drs. Sukardi Adilang ditemui sejumlah wartawan, Senin (23/05) kemarin.

”Sejak  tahun 2013 hingga saat ini sekitar 1344 unit perumahan swadaya telah dibangun di Sangihe, baik lewat Kementerian PU maupun Perkim,”ungkapnya.

Diakuinya, mengalirnya bantuan perumahan tersebut juga tak lepas dari dari adanya intervensi pemerintah setempat dalam menekan angka kemiskinan di Sangihe, termasuk peran Bupati Drs. H. R. Makagansa MSi dalam melakukan pendekatan dengan pihak kementerian.

Bahkan untuk tahun 2016, Pemkab Sangihe kata mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Sangihe tersebut, menjadi satu-satunya kabupaten di Sulut yang mendapat bantuan perumahan yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebanyak 347 unit dengan total anggaran Rp 6 miliyar.

“Tahun ini saja di Sulut hanya Kabupaten Sangihe yang mendapat bantuan perumahan dengan anggaran Rp 6 miliyar,”kata Adilang, seraya menambahkan, penyebaran pembangunan bantuan stimulan rumah swadaya itu masih terfokus dibeberapa kecamatan, seperti Kecamatan Tamako, Tabukan Tengah, Tabukan Selatan, Kendahe, Tabukan Utara serta Kecamatan Kepulauan Marore.(feleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.