Pemkab Bolmong Serius Menentaskan Buta Huruf

Salihi Mokodongan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow

Salihi Mokodongan Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow

Bolmong,Suarasulutnews.co.id – Pemerintah Kabupaten  Bolmong terus menunjukan keseriusanya dalam Membangun Bolmong salah satunya dalam menentaskan buta hurup.

Tercatat di kabupaten Bolmong sesuai data yang diperoleh dari BAdan pusat Statistik(BPS) tahun 2013 yang lalu menemukan, angka penyandang buta huruf di kabupaten Bolaang mogondow  masih cukup tinggi.

Hal itulah menjadi salah satu target pemerintah untuk ditintaskan dalan bebrapa tahun kedepan.Bupati Blaang Mongondow Hi Slihi Mokodongan Mengunkapkan, dari total 213,484 Jiwa pendudk Bolaang Mongondow. Ada sekitar 1.000 jiwa lebi yang belum bisa membaca.

“Jika tidak segerah kita tanggulangi , persolan ini akan berpengaruh kepada indeks pembangunan manusia (IPM) untuk itu pemerintah menargetkan tahun 2016 ini, angka itu bisa turun hingga capai 70 persen,” harapan Mokodongan (19/5).

Menurutnya rata-rata penyandang buta huruf ini tersebar di 15 kecamatan se Bolmong.sementara usia rata-rata dari mereka usia 15 sampai dengan 50 tahun.

“Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita dan akan kita tuntaskan segerah mungkin,” terangnya.

Lanjutnya lagi dalam menanggangi persoalan buta huruf tersebut, Dinas Pendidikan sedang melakukan berbagai langkah atau gerakan kesetiap kecamatan dengan menyebar tim. Bahkan pihaknya sedang merencanakan membangun Posko secara khusus.

“Kebanyakan yang buta hurup adalah yang sudah cukup tua. Dengan adanya upaya yang dilakukan diharapkan jumlah tersebut akan semakin berkurangdan akan terus dikejar. Sedangkan untuk kalangan remaja dan pemuda target kami adalah semuanya terbebas dari buta huruf,” pungkasnya. (sulhan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.