Jelang Ramadhan Harga Sejumlah Sembako Mulai Naik

Gula Pasir Tembus Rp.16 Ribu per-Kg

kenaikan harga sejumlah bahan pokok mulai terjadi di Bolaang Mongondow (Bolmong)

kenaikan harga sejumlah bahan pokok mulai terjadi di Bolaang Mongondow (Bolmong)

Bolmong,Suarasulutnews.co.id– Menjelang Ramadan, tren kenaikan harga sejumlah bahan pokok mulai terjadi di Bolaang Mongondow (Bolmong). Salah satunya gula pasir. Jika biasanya gula pasir dijual di kisaran Rp13 ribu per-Kilogram (Kg), saat ini harganya ada di kisaran Rp17 ribu atau terjadi kenaikan harga sebesar Rp3 ribu.

Dari pentauan dilapanan, kepada salah seorang pedagang di Pasar Lolak Yap Mokoagow mengatakan, keputusan menaikkan harga jual beberapa bahan pokok, di karenakan pembelian dari pengusaha ataupun distributor harganya sudah naik, sehingga pihaknyapun untuk menghindari kerugian, harus menaikan harga pula.

“Otomatis kami menyesuaikan dengan harga pengambilan kami agar bisa memperoleh sedikit keuntungan. Itu sudah terjadi hampir sepekan ini,” katanya. Selasa (31/5).

Selain itu, beberapa bahan yang mengalami kenaikan harga yakni cabai, bawang putih dan kacang tanah. Harga cabai yang sebelumnya Rp35 ribu per-Kg, saat ini dijual di kisaran Rp50 ribu per-Kg. Bawang putih yang sebelumya dijual Rp40 ribu per-Kg, kini harganya menjadi Rp45 ribu per-Kg.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Bolmong, Helmida Mokoginta, mengatakan kenaikan harga gula pasir ini adalah yang tertinggi sejak lima tahun terakhir.

“Memang menjelang Ramadan, kebutuhan gula pasir meningkat jika dibandingkan hari biasa,” ujarnya. (Sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.