Pasca Cuaca Ekstrim Gelombang Besar Menghantam Beberapa Rumah Warga.

Akibat Gelombang Besar Rumah Milik warga di Pesisir Pantai Desa Ongkaw 3 rusak parah

Akibat Gelombang Besar Rumah Milik warga di Pesisir Pantai Desa Ongkaw 3 rusak parah

Minsel-Beberapa hari terakhir ini Daerah Minsel dan sekitarnya mengalami cuaca buruk dan ekstrim. Banyak pohon tumbang di jalan raya,Tanah longsor, bahkan lebih buruk lagi keganasan dari gelombang besar yang merugikan warga pesisir/nelayan baik jiwa dan materi.

Seperti yang terjadi di Desa Ongkaw III, kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minsel. Warga yang tinggal di pesisir pantai tersebut mengalami kerugian yang di akibatkan oleh gelombang besar, 3 perahu milik warga di hantam ombak besar, bahkan rumah di pesisir pun kini terlihat rusak parah,pembatas penangkal ombak yang di buat dari karung yang berisi pasir tidak mampu menahan hantaman ombak besar,beberapa rumah nyaris di bawah oleh arus ombak. Sabtu (25/6)

Sementara itu Hukum Tua setempat Muhammad Dumbela ketika di wawancarai mengatakan, bahwa hantaman gelombang ombak tersebut terjadi pada kamis malam 23/6 di saat warga sedang istirahat tidur,dan musibah tersebut hampir setiap tahun terjadi.Namun sampai saat ini belum pernah tersentuh oleh bantuan pemerintah..

“Hampir tiap tahun Desa kami selalu dapat musibah seperti ini.Namun sampai saat ini kami belum mendapatkan bantuan dari pemerintah terkait musibah tahunan ini.kami sangat mengharapkan bantuan baik dari pemerintah daerah, maupun pemerintah Propinsi,” harapnya

Di tempat terpisa Ripai ( 30 )warga setempat mengatakan bahwa tahun 2013 perna ada dari Propinsi dan pusat datang melihat langsung di desanya, namun sampai saat ini belum ada realisasi..

“Tahun 2013 perna ada dari Pusat dan propinsi datang di Desa kami, melihat langsung kondisi daerah yg terkena ombak besar,namun sayangnya kunjungan dari Propinsi dan pusat hanya sebatas mengukur dan mengukur tidak ada realisasi sampai saat ini, terkesan pemerintah hanya membiarkan kami seperti ini,” tuturnya

Sementara itu di TKP terlihat ada beberapa anggota dari Polsek Sinongsayang yg turun ke lokasi melihat langsung musibah yg terjadi.. Kapolsek sinongsayang IPTU, Robert Lalo ketika di konfirmasi membenarkan bahwa pihaknya langsung menuju ke desa ongkaw III ketika mendapat informasi mengenai musibah gelombang ombak tersebut..

“Pagi kemari Kami mendapat info bahwa di Desa Ongkaw III warga setempat mendapat musibah hantaman gelombang ombak yang besar, yang mengakibatkan 3 perahu warga serta 1 mesin Katinting milik warga hanyut terbawah ombak, dan beberapa rumah pesisir mengalami kerusakan,. Langsung saja saya dengan anggota langsung ke TKP,untungnya tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian bisa di taksir puluhan sampai ratusan juta rupiah,”jelasnya.

Kapolsek pun menghimbau agar masyarakat senantiasa waspada akan kemungkinan segala sesuatu yang bisa terjadi..

“Di karenakan cuaca yang ekstrim seperti ini, kami mengharapkan agar warga yg tinggal di pesisir agar supaya lebih waspada, dan hati hati terhadap musibah seperti ini. Kalau bisa untuk sementara mengungsi lah di rumah keluarga yg aman,. Karena musibah seperti ini tidak bisa di prediksi.Mencegah kemungkinan buruk terjadi,” himbau kapolsek(irham)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.