Program KUBE di Sangihe Diintegrasikan Dengan Koperasi

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Perindagkop dan UMKM) Olden Lahamendu BST SE MSi

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Perindagkop dan UMKM) Olden Lahamendu BST SE MSi

Tahuna-Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) penerima bantuan kelautan dan perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe telah disinkronkan dengan kegiatan Koperasi Perikanan. Ini sekaligus menegaskan untuk saat ini KUBE sudah tak bisa lagi menerima atau mengelola bantuan yang dikucurkan kementerian maupun pusat selain koperasi.

Hal ini dibenarkan Kadis Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Menengah Kecil Mikro (Perindagkop-UMKM) Sangihe, Olden Lahamendu. Terkait bantuan KUBE yang telah terlanjur dikucurkan, menurut mantan Kadis Pendapatan Pengelolaan Kas dan Aset Daerah (PPKAD) Sangihe itu harus dikoordinasikan dengan masing-masing koperasi perikanan yang tersebar di 15 kecamatan di Sangihe, termasuk koperasi juga akan bertindak mengawasi semua bantuan yang dikelola KUBE.

”Jadi mulai tahun 2016 kegiatan KUBE harus dikoordinasikan dengan koperasi yang juga bertindak selaku pengawas kegiatan, dan ini harus dilakukan, sebab bantuan KUBE bisa saja dikembalikan ke pusat jika tak melibatkan koperasi,”kata Lahamendu.

Demi kelancaran kegiatan dilapangan, pihaknya kata Lahamendu telah membangun koordinasi dengan instansi terkait, dalam hal ini Dinas Kelautan Perikanan maupun lembaga koperasi perikanan, termasuk telah melaksanakan rapat khusus menyangkut keterlibatan koperasi dalam kegiatan KUBE.

”Koordinasi sangat diperlukan dengan instasni terkait agar koperasi dan perikanan memiliki hubungan yang kuat dalam memenuhi kepentingan masyarakat,”ujar Lahamendu.(eleh)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.