Tradisi Lebaran Ketupat Kembali Di Gelar Warga Lolak,Bupati Salihi Jadi Sponsor Utama

Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan

Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan

Bolmong – Perayaan Lebaran ketupat mulai menjadi tradisi yang seolah tak terpisahkan lagi dengan warga Kecamatan Lolak selama delapan tahun belakangan ini. Untuk itu, pada tahun ini, kebiasaan yang tadinya hanya di temui di Desa yang berpenduduk muslim Gorontalo dan Tondano tersebut akan kembali di gelar oleh warga di pusat Pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongodow (Bolmong) tersebut.

Ketua Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Lolak Hanan Damopolii mengatakan. Pada hari rabu (13/7) nanti, sejumlah desa di pusat kecmatan lolak akan kembali melaksanakan perayaan lebaran ketupat.

“Suda 8 tahun terakhir ini 5 desa yang ada di pusat kecamatan lolak melaksanakan lebaran ketupat,” ungkapnya. Selasa (12/7).

Menurutnya, bersamaan dengan kegiatan tersebut, pihaknya juga akan menyelenggarakan halal bi halal tingkat kecamatan Lolak.

“Untuk halal bihalal, kegiatanya akan di pusatkan di desa motabang, tepatnya di depan kediaman Peribadi Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan selaku pengagas dan sponsor utama atas seluruh kegiatan tersebut, sejak dirintis pada kali pertama sampai sekarang,” terang Damopolii.

Tak sampai disitu saja, sebagai mana di tahun-tahun sebelumnya, pihaknya pun melaksanakan sejumla lomba yang benuansa isalmi, olah raga.

“Kita buka pendaftaran loba grup kasidah, dayung, renang, morot lambat, panjat pinang sentar beberpa kegiatan lainya dengan hadiah lengkap dengan hadiah yang cukup memuaskan dari Bupati Bolmong Hi Salihi Mokodongan secara peribadi.” Jelasnya.

Adapun untuk kepesertaanya sendiri, katanya lagi, terbuka untuk umum.”Bagi semua yang berminat, untuk utusan semua wilayah kecamatan di Bolmong, boleh mendaftarkan diri atau grup kasida gratis tanpa ada biaya, hanya cukup menghubungi panitia saja.” pungkasnya.(sulhan)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.