BNPB dan Pemkab Minsel Gelar Budaya di Wilayah Pasca Bencana

Tampak Kepala BPBD Kabuapten Minsel Hendry Komaling SH dan Kepala Dinas Disparbud Drs Sonny Maleke saat Jumpa Pers dalam Acara Gelar Budaya di Wilayah Pasca Benca

Tampak Kepala BPBD Kabuapten Minsel Hendry Komaling SH dan Kepala Dinas Disparbud Drs Sonny Maleke saat Jumpa Pers dalam Acara Gelar Budaya di Wilayah Pasca Benca

Amurang-Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan(Minsel),bekerja sama untuk menggelar Pagelaran Budaya di Wilayah Pascabencana tahun 2014 di Kabupaten Minsel,yang rencana acara ini akan dimulai pada tangal 23 dan 24 Agustus.

Kepada media ini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Minsel Hendry Komaling SH,mengatakan bahwa acara yang nantinya akan digelar ini adalah salah satu acara Gelar Budaya diwilayah pasca bencana pada tahun 2014.

“Gelar Budaya di wilayah pasca Bencana merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB,untuk meningkatkan rasa toleransi dan kearifan lokal yang dimilikioleh masyarakat,guna menumbuhkan kembali semangat ,Motivasi dan kepercayaan diri Masyarakat terdampak Bencana,”kata Hendry Komaling,saat jumap pers,

Iapun mengatakan acara ini dalam gelar Budaya sangat bertujuan untuk memulihkan kembali trauma masyarakat setelah terjaidnya pasca benca pada tahun 2014.

“Ya,dilakukannya acara ini melalui kegiatan seni budaya sekaligus dapat memulihkan kembali kehidupan perekonomian masyarakat Minsel yang terdampak bencana,sehingga juga dapat mengekspresikan diri dan perasaan masyarakat serta juga dapat menjadi sarana komunikasi antar warga,”jelas Komaling.

Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Drs Sonny Maleke,kepada media ini,mengatakan,untuk kegiatan Seni dan Budaya dipercaya cukup efektif untuk menghibur sekaligus memunculkan kembali rasa percaya diri Masyarakat setelah perisitiwa bencana yang terjadi.

“Dengan kegiatan Gelar Budaya ini diharapkan tali silahturami dan kehidupan sosial masyarakat,dapat pulih dan menumbuhkan kreatifitas serta gagasan baru dalam tiap individu masyarakat terdampak Bencana,”kata Maleke.

Konsultan dari PT Budaya Anak Negeri ,yang diwakili oleh Diah Ayu,saat dikonfirmasi mengatakan, acara Gelar Budaya ini sangatlah tepat dilakukan di daerah kabuapten Minahasa Selatan,karena pasca bencana yang terjadi di daerah ini,sehingga pihak konsultan memilih Daerah Misnel untuk menggelar acara Gelar Budaya di Wilayah Pasca Bencana.

“Ini sangat tepat dilakukan di Daerah ini,karena terjadinya pasca bencana,sehingga kami percaya acara ini akan sangat ramai didatangai oleh Masyarakat di daerah ini,serta masyarakat juga akan ikut berpartisipasi ,”kata Diah Ayu.

Sedangkan untuk acar Gelar Budaya di Indonesia hanya dua Daerah,yakni Daerah Tasikmalaya dan Kabuapten Minsel,dan juga untuk anggaran acara ini melalaui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2016.

“Tahun ini tepat di Bulan Agustus,ada dua Daerah yang menggelar acara Gelar Budaya,yakni Daerah Tasikmalaya dan Kabuapten Minsel dan anggaran dalam acara tersebut di ambil dari dana APBN tahun 2016,”tutur Diah Ayu.(jaan)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.