KPUD Tuntaskan Penelitian Berkas Bapaslon Pilkada Sangihe

Devisi Hukum Teknis dan Penyelenggara KPUD Sangihe, Jack Seba

Devisi Hukum Teknis dan Penyelenggara KPUD Sangihe, Jack Seba

Tahuna-KPUD Kabupaten Kepulauan Sangihe menuntaskan tahapan penelitian dan pemeriksaan berkas persyaratan bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Sangihe 2017. Tuntasnya tahapan penilitian tersebut ditandai dengan telah diserahkannya keabsahan dokumen bapaslon oleh masing-masing lembaga yang didatangi Komisioner KPUD.

Hal ini dibenarkan Ketua Devisi Hukum KPUD Sangihe, Jack Seba kepada sejumlah wartawan, Rabu (12/10) kemarin.  Dikatakan, lembaga yang didatangi Komisioner masing-masing, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait pembuktian laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN), Kantor Pajak Pratama Tanggerang, keabsahan ijasah salah satu bapaslon di Mataram, Pengadilan Tinggi Manado, berkaitan dengan keterangan tidak vailid Pengadilan Negeri Manado terkait kebasahan tidak pernah dihukum serta Polresta Manado terkait SKCK.

”Semua kegiatan yang berkaitan dengan penilitian dan pemeriksaan persyaratan bapaslon sudah kami lakukan dengan langsung mendatangi sekaligus melakukan klarifikasi dimasing-masing lembaga,”ungkap Seba.

Sementara sebagai tindak lanjut dari hasil klarifikasi disejumlah lembaga terkait, KPUD kata Seba juga telah melakukan pleno terkait rampungnya penilitian dan pemeriksaan persyaratan bapaslon. Pleno berlangsung tertutup pada Selasa (11/10) lalu, sekaligus hasil pleno langsung dituangkan dalam berita acara.

”Jadi usai dilakukan penelitian dan pemeriksaan serta klarifikasi disejumlah lembaga terkait, hasilnya langsung diplenokan secara tertutup dan dituang dalam berita acara,”ujarnya.

Pilkada Sangihe yang akan berlangsung secara serentak se-Indonesia pada tanggal 15 Peberuari 2017 hanya diikuti dua pasangan calon, yaitu pasangan yang diusung PDIP, Drs. H.R, Makagansa MSi – pasangan Jabes Gaghana SE,ME – Hemud Hontong SE yang diusung Partai Golkar dan Partaqi Hanura.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.