Pemkab Sangihe Gelar Rapat Penuntasan Kemiskinan

Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs. John Palandung MSi.

Penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs. John Palandung MSi.

Tahuna-Pemkab Sangihe, Senin (19/12) menggelar rapat finalisasi dokumen Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, berupa Sapta Strategi

Tuntaskan Orientasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) sebagai aplikasi penanggulangan kemiskinan.

Rapat berlangsung di gedung kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda), dan langsung dibuka Penjabat Bupati, Drs. John Palandung MSi.

Dalam arahannya, Palandung mengatakan kompleksitas permasalahan kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, antara lain rendahnya semangat kolektifitas, sinergias dan keterpaduan maupun ego sektoral. Palandung juga mengajak seluruh stok holder membuka ruang agar penerima manfaat memperoleh nilai tambah maksimal dari program pemerintah.

”Menyadari pentingnya penanganan persoalan kemiskinan, maka Sapta strategi ODSK sangatlah penting dan sesegera mungkin difinalisasi sebagai rencana aksi daerah dalam menanggulangi kemiskinan,”ungkap Palandung.

Sementara dalam rapat yang dipimpin Kepala Bapeda Sangihe, Josephus Kakondo BAE, terungkap data masyarakat miskin menjadi penentu dalam upaya pemerintah terhadap program berkelanjutan penanganan kemiskinan. Masalah data sangatlah penting agar program yang direalisasikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tidak terkesan tumpang tindih.

”Sinkronisasi dan koodinasi antar SKPD diperlukan guna kesesuaian bantuan yang didaratkan bagi masyarakat miskin,”ujar Kakondo.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.