Lomban Perkenalkan Nasi Bulu Cakalang Bitung dalamLomba Cipta Menu B2SA Tingkat Nasional

Sambutan Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban

Sambutan Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban

Bitung-Nasi Bulu Cakalang akan menjadi menu yang dipromosikan atau diperkenalkan oleh Pemerintah Kota Bitung dalam Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Nasional.

Tim Penggerak PKK Kota Bitung menjadi utusan Provinsi Sulawesi Utara untuk ikut dalam lomba tersebut yang akan dilaksanakan pada 17-19 Oktober 2017 mendatang, di Pontianak, Kalimantan Barat.

Nasi bulu cakalang ini dibuat oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung bersama  Pokja 3 yang diketuai Ny Pingkan Marentek-Kapoh. Menu khas kota Bitung yang dibuat diantaranya, Roll Tuna Woku, Pare kukus Tumis ketimun Jepang, Nasi Gulung Tuna, dan makanan penutup  yairtu Pudding Ikan Kakap, dan Jus Sambiki kayu Manis.

“Saya selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bitung sangat senang dan bangga kepada ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK Pokja 3 yang sudah bekerja keras, berkreasi, menciptakan berbagai menu, makanan dan minuman yang Beragam Bergisi Seimbang dan Aman (B2SA) yang dulunya dikenal dengan 4 sehat 5 sempurna,” ujar Rawung

Dikatakan pula, salah satu yang menjadi penunjang penilaian lomba cipta menu tingkat nasional ini,  yakni  adanya dukungan dari Pemerintah untuk dapat mempromosikan atau memperkenalkan menu makanan ini sampai di tingkat kelurahan.

Rawung pun  menyampaikan  terima kasih kepada semua pihak yang bekerja sama dan yang telah melatih Pokja 3 dalam mempersiapkan diri  mengikuti perlombaan ini. Lomba ini diselenggarakan secara LIVE karena itu dibutuhkan kecepatan dan kecekatan dari tim Penggerak PKK yang ikut.

Pada kesempatan itu juga Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban bersama Tokoh masyarakat Drs  Mokthar Arunde Parapaga, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sonny Wenas, Kepala Dinas Perikanan Liesje Macawalang, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Telly Lengkong serta sejumlah wartawan media cetak, online dan radio berkesempatan mencicipi menu yang dibuat oleh  Pokja 3 bersama Ketua Tim Penggerak PKK di Guest House Rudis Walikota Bitung, Senin Sore (21/8).

“Mari kita selaku masyarakat kota Bitung bersama dengan Tim Penggerak PKK Kota Bitung bersama-sama memperkenalkan menu kota Bitung yang telah di buat ibu-ibu dari Pokja 3. Diharapkan menu ini bukan hanya menjadi makanan dan minuman yang kita dapat sajikan ketika ada acara-acara besar atau perlombaan nanti namun menu ini bisa  disajikan sebagai makanan sehari-hari karena kandungan yang ada sangat banyak dan gizi yang tercukupi ” ujar Lomban.

Pada kesempatan itu juga Lomban memperkenalkan “Nasi Bulu Cakalang Bitung” yang  akan di patenkan menjadi menu khas Bitung pada FPSL 2017 nanti.

“Makanan ini diciptakan tanpa meninggalkan ciri khasnya dengan tambahan ikan cakalang fufu yg diramu sedemikian rupa, Nasi Bulu Cakalang Bitung diharapkan akan menjadi menu andalan pada thanksgiving day Kota Bitung,” pungkas Lomban.(estefanus)

 

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.