Aksi Jempol Jadi Ciri Khas Me’Daseng Gaghana-Hontong

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE,ME di Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana SE,ME di Kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah

Tahuna-Program Me’Daseng atau kunjungan kerja ke wilayah kecamatan dan kampung sambil tidur di rumah warga masih terus dilakukan Bupati Jabes Gaghana SE,ME-Wabub Helmud Hontong SE. Seperti halnya pada Jumat dan Sabtu pekan lalu, kampung Kuma Kecamatan Tabukan Tengah mendapat giliran kegiatan yang telah berlangsung sejak Gaghana-Hontong dilantik.

Yang menarik, aksi jemput bola (Jempol) sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat masih menjadi ciri khas program Me’Daseng yang sebelumnya juga telah berlangsung di Kecamatan Manganitu, Tabukan Utara dan Kecamatan Tamako.

Seperti hanlnya yang terpantau di lokasi Me’Daseng kampung Kuma, sejumlah SKPD yang melakukan aksi jemput bola telah melakukan persiapan dan berada dilokasi kegiatan sejak beberapa hari sebelum puncak kegiatan hari Jumat dan Sabtu, seperti Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dinas Pelayanan Terpadu Satu Atap, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan SKPD teknis lainnya.

Bahkan khusus Dinas Kesehatan juga turut melakukan kegiatan pengobatan gratis serta Dukcapil yang langsung memberikan pelayanan perekaman dan pencetakkan kartu tanda penduduk elektrik (KTP-e) maupun kartu keluarga serta akte kelahiran.

”Pelayanan selama dua hari Jumat dan Sabtu dilakukan sejak pagi sampai pukul 10 malam, baik untuk KTP-e maupun kartu keluarga dan akte kelahiran yang saat itu juga langsung diserahkan ke masyarakat,”ungkap Kepala Dinas Dukcapil, Dra. Olga Makasidamo.

Sementara itu Bupati Jabes Gaghana SE,ME kepada sejumlah wartawan menjelaskan, sasaran dari program Me’Daseng selain untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, juga sebagai ajang evaluasi program pemerintah daerah yang dijabarkan melalui kegiatan Servis Power For Sangihe masing-masing SKPD.

”Dari Servis Power For Sangihe ini kita jabarkan juga dalam pendekatan kultur masyarakat Sangihe, yaitu program Me’Daseng. Dan ternyata selama 4 bulan berturut-turut dilaksanakan, Me’Daseng sangat efektif dalam pelayanan dan menyerap aspirasi, termasuk mengevaluasi program pemerintah apakah kena sasaran atau tidak,”kata Bupati yang juga menambahkan, lewat Me’Daseng sudah ada beberapa SKPD yang telah menyatu dalam melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.