Gaghana-Hontong Pimpin Rapat Panitia HUT Daerah

itu Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sangihe, Jefry Tilaar SE,ME

itu Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Sangihe, Jefry Tilaar SE,ME

Tahuna-Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana SE,ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong SE, Rabu (18/01) kemarin memimpin rapat panitia HUT Daerah Sangihe ke 593. Rapat yang digelar di ruang rapat Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Sangihe, juga membicarakan persiapan pelaksanaan upacara adat Tulude yang rutin digelar setiap tanggal 31 Januari serta berbagai agenda kegiatan yang berkaitan dengan HUT daerah.

Mengawali rapat tersebut, Bupati dan Wakil Bupati menanyakan satu per satu secara terperinci akan kesiapan panitia. Bahkan dalam kesempatan itu Bupati meminta untuk pelaksanaan HUT daerah dan upacara adat Tulude harus mempertahankan keasliannya dengan mengedepankan suasana adat istiadat budaya setempat.

Yang menarik, untuk pelaksanaan HUT daerah kali ini yang dirangkaikan dengan kegiatan upacara adat Tulude bertempat di lapangan Gelora Santiago Tahuna, akan berlangsung semalam suntuk dengan berbagai atraksi kesenian daerah, diantaranya Masamper dan Tarian Empat Wayer. Sementara itu Kadis Kebudayan dan Pariwisata Sangihe, Jefry Tilaar SE,ME ditemui usai rapat mengatakan, untuk seluruh rencana kegiatan sudah dilakukan secara maksimal,apalagi persiapannya sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2017 lalu.

Untuk kegiatan penunjang, khususnya upacara adat Tulude, masih tetap seperti tahun-tahun sebelumnya akan disuguhkan dengan penampilan seni budaya daerah.

”Nuansa adat budaya tetap akan mewarnai suasana HUT daerah sampai pada pelaksanaan upacara adat Tulude,”ujar Tilaar.(eleh)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.