Wabup Wongkar Irup Hardiknas 2018.

Wakil Bupati Franky D Wongkar, SH Saat Memimpin Upacara Bendera Dalam Rangka Hardiknas 2018.

Amurang,- Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh 2 Mei tahun 2018, Pemkab Minsel melaksanakan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman depam kantor Bupati, Rabu 2/5.

Upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Minsel dalam rangka Hardiknas 2018 ini, di hadiri oleh seluruh Pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) para Pegawai Negri Sipil (PNS), dan para Guru SD, SMP, SMA dan Para Kepala Sekolah.

Sedangkan bertindak sebagai Inpektur Upacara Wakil Bupati Franky D Wongkar,SH. Dalam kesempatan itu juga Wakil Bupati Franky membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan bahwa tanggal 2 Mei telah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal kelahiran Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, seorang tokoh pendidikan Indonesia, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.

“Dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini mengusung tema, “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana cermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” ungkap Wongkar pada sambutan nya.

Wongkar menambahkan, peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini juga kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan.Dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan.

Pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Dijelaskannya, dalam penguatan SDM tersebut terbentang tantangan internal dan eksternal sekaligus. Tantangan internal tampak pada gejala tergerusnya ketajaman akal budi dan kekukuhan mentalitas kita. Misalnya, belakangan ini kita melihat melemahnya mentalitas anak-anak kita akibat terpapar dan terdampak oleh maraknya simpul informasi dari media sosial.

Untuk menjawab tantangan ini, sejak awal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, selain ikhtiar mencerdaskan bangsa.

Hal itu sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden. Kita patut bersyukur karena ternyata antusiasme masyarakat terhadap gerakan PPK ini luar biasa.

Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas, dan profesionalisme guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana yang andal, serta teknologi pembelajaran yang mutakhir, menjadi keniscayaan pendidikan kita.

“Oleh karena itu, secara tulus ingin saya katakan bahwa tidak bisa tidak, pendidikan harus menjadi urusan semua pihak. Semua pihak harus bergandeng tangan, bahu-membahu, bersinergi memikul tanggung jawab bersama dalam menguatkan pendidikan,” tambah wakil Bupati yang biasa di sapa Franky

“Selain jalur pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 Juta anak, pendidikan nonformal telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa. Pendidikan harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur, baik jalur formal, nonformal, maupun informal. Ketiganya diposisikan setara dan saling melengkapi. Masyarakat diberi kebebasan untuk memilih jalur pendidikan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut,” kunci Franky.

Hadir dalam upacara Hardiknas, Sekertari Daerah Danny Rindengan, para Asisten l, 2, dan 3, Wakil Ketua DPRD Minsel Franky J Lelengboto dan Forkopimda Minsel.(jaan)

 

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.