Maksimalkan Perekaman KTP-El,4 Tim Dukcapil Sangihe Sisir Kampung-kampung

Sangihe-Jemput bola merupakan cara efektif bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepulauan Sangihe memaksimalkan kegiatan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektrik (KTP-El). Dan sejak 29 Oktober sampai dengan 12 November mendatang, 4 Tim Dukcapil telah turun ke kampung-lampung maupun wilayah pulau melakukan pelayanan administrasi kependudukan, seperti perekaman KTP-El maupun kartu keluarga.

Hal ini dibenarkan Kadis Dukcapil Kepulauan Sangihe, Ratan Lombongadil SH dikonfirmasi wartawan, Kamis (01/11) kemarin.

“Jadi dari Dinas Dukcapil sudah membentuk 4 tim yang telah bertugas mulai 29 Oktober

sampai 12 November 2018. Tim ini akan menyisir seluruh kampung untuk melakukan perekaman KTP-El bagi warga yang belum mengantongi KTP,”ungkap Lombongadil.

Meski jemput bola dengan menyisir wilayah perkampungan, namun untuk pelayanannya tidak dilakukan per masing-masing kampung, tapi dipusat disalah salah satu tempat yang terdiri dari beberapa kampung.

”Seperti halnya untuk wilayah Kecamatan Tabukan Utara, untuk tiga kampung, Kalekube, Bahu dan Mala dipusatkan di kampung Mala. Dan begitupun untuk Kecamatan Tamako dipusatkan di kampung Dagho untuk kampung Kalama Darat, Pananaru dan Dagho,”ujarnya.

Sementara demi sukesnya agenda jemput bola Dukcapil, mantan Kepala BKDD Kabupaten Kepulauan Sangihe itu berharap warga yang belum memiliki KTP dapat memanfaatkan perekaman di wilayahnya masing-masing,apalagi untuk kepemilikkan KTP tak hanya untuk administrasi kependudukan tapi lebih dari kepentingan warga, termasuk untuk dapat memilih pada pemilu 2019, wajib pilih harus memiliki KTP.

”Sangat diharapkan warga dapat memanfaatkan momen perekaman yang dilakukan di wilayah kampung ini sekaligus menunjang program pemerintah, khususnya dalam mencapai target perekaman KTP-El di Kabupaten Kepulauan Sangihe,”pungkasnya.(elle)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.