Pemkot Bitung Gelar FGD Analisis Standar Belanja Daerah.

BITUNG – Pemerintah Kota Bitung menggelar Focus Group Discussion (FGD) Analisis Penerapan Standar Belanja Daerah, Senin 4 Maret 2019 bertempat d ruang sidang lantsi IV Kantor Wali Kota Bitung.

FGD ASB tersebut dibuka oleh Sekretaris Darrah Kota Bitung, DR Audy Pangemanan. Dalam sambutannya Pangemanan mengatakan, salah satu aspek dari Pemerintah Daerah yang harus diatur secara hati-hati adalah masalah pengelolaan keuangan daerah dalam hal ini anggaran daerah atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang merupakan instrumen kebijakan yang utama bagi Pemerintah Daerah.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memfasilitasi penyusunan anggaran tahun-tahun mendatang sehingga lebih efektif dan efisien disamping itu juga merupakan  bentuk pertanggung jawaban Pemerintah Kota Bitung kepada masyarakat”, ujar Pangemanan.

Menurut Pangemanan, penerapan Analisis Standar Belanja (ASB) dalam pengelolaan keuangan daerah telah diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana ASB adalah penilaian kewajaran atas beban kerja dan biaya yang digunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan dan merupakan salah satu komponen yang harus dikembangkan sebagai dasar pengukuran kinerja keuangan dalam penyusunan APBD .

Turut hadir Asisten Bidang Perekonomian, Drs Jefry Wowiling, Asisten Bidang Administrasi Umum,  Youke senduk SH,MSi,  DR Vecky A.J Masinambouw ,SE.M.Si.(Tim ahli BAPPEDA dan BKAD Provinsi Sulut). DR Lintje Kalangi ,SE .ME,AK.CS selaku Koordinator Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Unsrat Manado serta para Kepala Perangkat Daerah. (esetefanus)

 

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.