Dampak COVID-19 Inpres No 4 Thn 2020 Pangkas Anggaran Tidak Prioritas Pemkab Mitra Dana Awal 3.2 M

MITRA – Virus COVID-19 yang melanda diberbagai Negara menjadi perhatian khusus dari Pemerintah setempat termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga Pemerintah Pusat  menghimbau agar aktifitas masyarakat di kurangi dan tetap berada dalam rumah guna pencegahan penyebaran Virus  Corona, terlebih khusus Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Pandemi COVID-19 ini, mau tidak mau telah berdampak terhadap kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga Presiden RI Joko Widodo mengeluarkan dan menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Presiden memerintahkan kepada semua Menteri, Gubernur, Bupati, dan Wali kota agar memangkas rencana belanja yang tidak prioritas, baik di APBN maupun di APBD. Anggaran perjalanan dinas, pertemuan-pertemuan, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung oleh masyarakat, segera harus dipangkas.

Dengan landasan hukum yang jelas, kita melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk mempercepat penanganan Covid-19, baik terkait isu-isu kesehatan maupun bantuan sosial untuk mengatasi dampak kehidupan ekonomi yang ditimbulkannya.

Hal inipun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara yang saat ini sementara dibahas bersama Ketua DPRD Mitra dan Wakil Ketua DPRD, Dinas Kesehatan lewat rapat jarak jauh, Selasa (24/03-2020)

Sekertaris Daerah Mitra David Lalandos, di hadapan sejumblah media mengatakan, anggaran awal 3.2 Miliar telah diambil dari program pemerintah yang belum sempat jalan hingga bulan Mei selama masa inkubasi Covid-19.

“Sesuai Instruksi Bapak Presiden, Dana ini kita geser dari sejumlah program selama masa karantina, anggaran tersebut yang nantinya dimanfaatkan untuk belanja alat pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer, ujar Sekda.

Ditambahkan Sekda anggaran tersebut nantinya bakal bertambah. karna Ada juga anggaran yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19 di RSUD Mitra Sehat, tutup Sekda Lalandos.  (J.S)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.