Kunjungi Pulau-Pulau, Gaghana Serahkan Bantuan Bagi Lansia dan Disabilitas Terdampak Covid-19

Sangihe – Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana bersama rombongan, Sabtu-Minggu, 18-19 Juli 2020, mengunjungi sejumlah pulau di kabupaten yang berbatasan langsung dengan Filipina. Dalam kunjungannya ini, Jabes membagikan sembako (sembilan bahan pokok) bagi lansia (lanjut usia) dan penyandang disabilitas.

Dengan menggunakan KM (Kapal Motor) Tampungang Lawo, mereka mengunjungi kampung-kampung di pulau-pulau, seperti Kampung Bebalang, Kecamatan Manganitu Selatan, Kampung Beeng Darat dan Beeng Laut, kecamatan Tabukan Selatan Tengah, serta Kampung Bukide dan Nusa, Kecamatan Tabukan Utara.

Kunjungannya tersebut, menurut Jabes, untuk melihat secara langsung kondisi masyarakat di wilayah kepulauan, sekaligus menyerahkan bantuan yang dibutuhkan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

“Bantuan berupa jaminan hidup bagi lansia dan jaminan hidup bagi disabilitas di masing-masing kampung,” katanya.

Bantuan yang diserahkan bagi lansia sebanyak 135 orang, sedangkan penyandang disabilitas sejumlah 36 orang. Dihadapan warga pulau, Jabes mengakui ternyata masyarakat di kepulauan lebih taat dari masyarakat yang ada di kota dalam mematuhi protap (protokol tetap) Covid-19.

“Bahkan saya lihat di pulau banyak lansia yang masih kuat-kuat dan dengan imun yang kuat. Semoga para orang tua disini bisa lebih kuat ketahan dirinya menghadapi pandemi ini,” ungkapnya.

Hal positif yang sudah berjalan dengan baik di wilayah kepulauan, Jabes berharap, dapat terus dipertahankan untuk keamanan masyarakat sendiri.

Bersama dalam rombongan ini, antaranya Ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab), Harry Wolf, para pejabat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe serta Kepala Bank SulutGo (Sulawesi Utara Gorontalo) Cabang Tahuna, Albert Tambariki. (Andika)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.