Pantau Aktifitas Pasar Esa Waya Kawangkoan, Ini Kata Wenny Talumewo.

Minahasa, – Setelah dibukanya kembali pasar Esa Waya Kawangkoan yang sebelumnya di tutup selama hampir dua bulan lamanya, dengan tujuan mengantisipasi penyebaran virus covid 19 di wilayah Kawangkoan dan sekitarnya, Asisten dua Pemerintah Kabupaten Minahasa, Wenny Talumewo hari ini lakukan pemantauan aktivitas pasar yg sudah berjalan selama 9 hari terhitung sampai hari ini sejak tanggal 16 juli di bukanya pasar Esawaya Kawangkoan.
Terpantau oleh media ini, ditengah aktivitas pasar, Talumewo lakukan pemantauan berlansungnya aktivitas Pasar Esa Waya Kawangkoan.

Di Dampingi kepala Pasar Meidy Moniung, Talumewo memberi tanggapan kunjungan tersebut pada wartawan media ini, katanya bahwa sebagian besar pedagang dan pengunjung yang telah beraktivitas jual beli di pasar Esa Waya, telah mengikuti himbauan dalam pelaksanaan protap covid, dengan menggunakan masker dan mencuci tangan serta mengukur suhu tubuh saat datang dan beraktivitas di pasar.

Namun masih ada beberapa pedagang yang di tegurnya secara lansung saat di dapati tidak menggunakan masker.
Talumewo menegaskan agar tetap patuhi protokol kesehatan yang telah di anjurkan pemerintah. Karena ini adalah salah satu syarat penilaian bisa dan tidaknya pasar di aktifkan.

Untuk itu ia menegaskan agar masyarakat kawangkan benar-benar dapat mendisiplinkan diri dalam melakukan protap kesehatan di tengah pandemi virus saat ini. Sebab bukan tidak mungkin pasar Esawaya dapat di tutup kembali jika di evaluasi banyak pengunjung dan pedagang yang tidak mengindahkan atau melakukan protap kesehatan di tengah aktivitas jual beli di pasar.

Untuk itu ia juga menegaskan agar para pedagang yang beejualan di luar area pasar, agar dapat masuk di dalam pasar. Percuma saja pemerintah telah membuka pasar Esawaya namun masih banyak yang berjualan di pinggiran area pasar, tidak memanfaatkan fasilitas pasar yang di sediakan pemerintah. Mana lagi dari pantauan kami selaku pemerintah kabupaten, bahwa pedagang yang ada di pinggiran atau di luar area pasar kawangkoan tidak menggunakan masker sebagian besar. Ini dapat menjadikan dasar pertimbangan bagi kami pemerintah, jika tidak mengikuti anjuran protap bisa bisa di tututpnya kembali pasar Esawaya Kawangkoan. Tegas Talumewo pada media ini.

Camat Kawangkoan, Eigthmi Moniung.SH. secara terpisah memberi tanggapan pada media ini terkait aktivitas dalam pasar dan luar pasar Esa waya Kawangkoan, memberi himbauan agar masrakat harus mengikuti anjuran protap kesehatan dalam beraktivitas.
Dan untuk mereka mereka yang berjualan di luar dekat area pasar, agar dapat menyesuaikan untuk menggunakan fasilitas pasar yang ada.
(Farly Bujung)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.