Kabupaten/Kota Se-Sulut Gelar Rakorev dan Pengawasan Realisasi Anggaran Triwulan III 2020 di Tondano

Tondano,- Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits R Muntu S.Sos membuka Rapat Koordinasi Evaluasi dan pengawasan Realisasi Anggaran (Epra) Triwulan III Tahun Anggaran 2020 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara. Selasa 27 Oktober 2020 di Yama Resort Tondano.

Dihadiri sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur DR. Asripan Nani,M.Si, Kepala Biro Administrasi Pembangunan setdaprov Sulut Abdullah Mokoginta SH, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir. Wenny Talumewo, Kepala BPKAD Kabupaten Minahasa Drs. Hanes D. Wagey MBA, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Minahasa Philip Siwi SE. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab Minahasa Meldy Lumintang ST. MT. Tim Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran Kabupaten/Kota Seprovinsi Sulawesi Utara.

Sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa, bahwa Pelaksanaan Pemerintahan Daerah dengan Paradigma yang baru berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 Khususnya Pengelolaan Keuangan Daerah dilakukan secara efektif, Efisien, Transparan, Akuntabel, Tertib, Adil, Patut, dan taat pada peraturan Perundang – Undangan. Bertujuan
untuk menyeragamkan serta meningkatkan pengelolaan anggaran khususnya pemerintahan pusat maupun daerah.

Dalam rangka Mempercepat pelaksanaan program atau kegiatan pada DPA perangkat daerah di tiap kabupaten/kota se Sulawesi utara. Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat Sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun. Selain itu pelaksanaan program dan kegiatan tidak sesuai jadwal, dikarenakan banyak faktor serta kekurangan Pemahaman terhadap implementasi peraturan Pemerintah.

Keseluruhan kendala ini,menunjukan kurang matangnya tahap perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya.
Rapat koordinasi Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran Kabupaten/Kota Seprovinsi Sulawesi Utara ini memiliki peran penting dalam pencapaian kinerja di kabupaten/kota, terutama pencapaian realisasi keuangan maupun fisik, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempercepat penyerapan anggaran sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam dokumen perencanaan, serta menyelaraskan serapan anggaran dan pembangunan fisik yang bersumber dari dana APBN dan APBD sesuai dengan kepres nomor 20 tahun 2015 tentang Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran APBN dan APBD.

Seperti yang diambil pada Rakor Evaluasi Dan Pengawasan Realisasi anggaran kali ini yakni evaluasi realisasi anggaran terhadap program dan kegiatan sesuai refocus dan realokasi anggaran akibat pandemi covid-19 yang mengacu pada intruksi presiden nomor 4 tahun 2020 tentang refocusing kegiatan , realokasi anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penanganan covid 19, sehingga tidak terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan pembangunan yang bersifat strategis dan sangat diperlukan oleh masyarakat di Sulawesi Utara sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

Selanjutnya saya sangat berharap peserta rapat saat ini untuk dapat mengikuti rangkaian acara ini secara cermat dan aktif. Tidak lupa juga menyampaikan rasa bangga dan trima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada kami sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini.

Dalam kesmpatan ini Tim Kesenian Ikatan Waraney Wulan Minahasa dibawah Pimpinan Johana Karlina Roring BSBA, menampilkan tarian Uka Kaukau. (Marchel)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.