KPU Minsel Lakukan Simulasi Pemugutan Suara Pilkada

AMURANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan simulasi pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 di Kelurahan Ranoiapo, Kecamatan Amurang, Sabtu (21/11-2020)

Dalam kegiatan simulasi tersebut, KPU Minsel menyediakan tenda TPS (Tempat Pemungutan Suara). Kemudian ada petugas KPPS, surat suara, kotak suara, bilik suara, masyarakat wajib pilih serta personel pengamanan dari Polres Minahasa Selatan (Minsel).

Simulasi ini mengedepankan penerapan protokol kesehatan di mana seluruh masyarakat wajib pilih, serta pihak panitia dan personel pengamanan menggunakan alat pelindung diri (masker/faceshield), menjaga jarak serta mencuci tangan saat masuk / keluar TPS.

Ditampilkan juga peragaan saat ada masyarakat yang membuat keributan di lokasi TPS karena namanya tidak ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga, menuturkan bahwa simulasi ini dilaksanakan supaya mengenalkan kepada masyarakat hal-hal baru ketika akan memilih di TPS.

“Kami berharap supaya masyarakat pemilih tak bingung ketika berada di dalam TPS,”ucapnya.

Komisioner KPU Minsel lainnya Maya Sariowan mengatakan Masyarakat wajib pilih diminta untuk berpartisipasi dalam memberikan hak suaranya pada Pilkada serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Tidak perlu takut menyalurkan hak suara, karena mekanismenya mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara itu Kapolres Minsel AKBP Norman Sitindaon yang turut dalam pengamanan mengatakan, mekanisme jika ada keributan yaitu Ketua Panitia Pemungutan Suara mengundang petugas PAM TPS, kemudian petugas melaporkan ke Polsek terdekat, hingga kemudian pelaku keributan diamankan.

Tak henti-hentinya kami mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun antiseptik, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” pungkas Kapolres.  (Jaan)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.