Bupati “JS” Buka Kegiatan Konsultasi Publik RPD Mitra 2024 – 2026

Mitra – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), menggelar kegiatan pelaksanaan konsultasi publik rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2024 – 2026 bertempat di Sport Hall, Selasa (14/01-2023).

Konsultasi Publik merupakan tahap musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang melibatkan berbagai unsur pemerintahan dan masyarakat di lingkup Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kegiatan Konsultasi Publik BAPPEDA Mitra diawali dengan laporan yang disampaikan oleh bagian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Mitra, dilanjutkan dengan sambutan oleh Bupati James Sumendap yang didampingi oleh Wakil Bupati Joke Legi dan Sekertaris David Lalandos juga sekaligus membuka kegiatan tersebut selama 2 hari.

Bupati James Sumendap dalam sambutannya mengatakan, perlu kita ketahui bersama bahwa kegiatan selama 10 tahun mengikuti kegiatan akan program yang ditetapkan dan di programkan pada Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Yang dituangkan pada rancangan pembangunan menengah daerah.

Oleh sebab itu dalam rangka persiapan pengisian lowong jabatan devinitif sebagai Bupati Mitra 2024, karna 2024 nanti, kemudian diwajibkan kepala daerah Bupati Devinitif, dan masa akhir jabatan dari Bupati dan Wakil Bupati berakhir di tahun ini.

Hal ini berdasarkan instruksi Menteri dalam negeri wajib dilakukan konsultasi publik berkaitan dengan mengisi pembangunan rancangan pembangunan daerah yang ditinggal dalam RPJMD daerah 2013 sampai 2023.

Jadi disini kita khusus membahas karna RPJMD ini adalah rancangan bertambah pembangunan daerah ini, pembangunan dalam rangka pengisian lowong atau diantara RPJMD 2023 dan kemudian RPJMD tahun 2025.

Ini berdasarkan undang undang dan juga instruksi Menteri dalam negeri, pemerintah daerah yang masa jabatannya akan berakhir wajib melakukan konsultasi publik. dimana tercantum dalam rangka rancangan pembangunan di tahun 2024 dan tidak meninggalkan RPJP, yaitu rancangan pembangunan daerah jangka panjang 25 tahun.

Oleh sebab itu dari program ini kita akan mengusulkan program program yang oleh RPJMD nanti, kemudian diselipkan ke RPJP  untuk tahun 2024, jadi RKPD tahun 2024 itu sangat spesial karna itu berdasarkan usulan dan masukan dari hasil usulan konsultasi publik.

Menjadi harapan kita, bahwa program program yang akan datang itu mudah mudahan sejalan dan sinergi dengan apa yang terkandung dalam RPJP.

Dalam situasi seperti ini kita berharap bisa berjalan dengan baik, dan menjadi harapan saya juga, Kedepan Bupati yang akan datang itu, akan jauh lebih baik dari saya, ia akan belajar kekurangan ia belajar keberhasilan, tetapi sehebat hebatnya Bupati dalam rangka ia melakukan cita cita dan harapan semua itu sudah di atur.

Karena rancangan pembangunan 2024 di putuskan pada tahun 2023 menjadi program pembangunan daerah tahun 2024, oleh sebab itu kita menyerap masukan dari bapak ibu sekalian, konsultasi ini akan dilakukan selama dua hari, manfaatkan secara baik dan benar sehingga dalam RKPD itu, dalam keputusan itu bisa berjalan sesuai dengan harapan kita bersama, tutup Bupati JS.

Kegiatan ini turut hadir Ketua DPRD Mitra Marthy Ole beserta para anggota Dewan, Ass l, ll dan lll, perwakilan Polres Mitra, Kepala kepala SKPD, para Camat, perwakilan Banksulutgo dan toko masyarakat.

(J.S)
author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.