Sekda “DL” Buka Kegiatan Diskominfo SP Pengelolaan Data Statistik Sektoral Pemerintah Daerah

Mitra – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melaksanakan kegiatan pengelolaan data statistik sektoral pemerintah daerah bertempat di Dinas Diskominfo SP, Rabu (15/03-2022).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekertaris daerah David Lalandos, dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Umum dari setiap SKPD.

Sekda David Lalandos dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Sistem Informasi Jaringan Statistik belum maksimal Terlaksana karena hal pengimputan data dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Ini adalah lanjutan dari kegiatan waktu lalu yang dihadiri oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) namun sesuai laporan bahwa Sistim informasi jaringan statistik belum bisa terlaksana dikarenakan setiap SKPD sebagai wali data belum melakukan pengimputan data,” ucap Lalandos.

Dijelaskan Lalandos, bahwa dalam Undang-undang memberikan ruang kepada daerah untuk memiliki satu sistem yang terintegrasi. Hal ini mengacu dari amanat Perpres 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, ini jelas memberi ruang kepada lembaga termasuk pemerintah daerah untuk memiliki satu sistem terintegrasi yang didalamnya memuat satu data dalam lingkup pemerintahan daerah, Jelasnya.

Ditambahkan Lalandos pentingnya fasilitas aplikasi ini untuk mempermudah kerja para pegawai sekaligus mempermudah orang untuk memdapatkan informasi tentang perkembangan pemerintahan daerah .

“Jadi kerja dan tugas kita tidak terganggu lagi dengan LSM, mahasiswa atau siapa saja yang perlu meminta data kita tinggal memberikan aplikasi yang ada dan mereka cukup membuka sehingga mereka mendapat kemudahan dan kerja kita tidak terganggu,” terangnya

Untuk itu, Sekda berharap keamanan aplikasi yang membuat data penting dijaga jangan sampai ada hacker dan dimasuki oleh hal hal yang tidak wajar atau merubah data.

Disaat yang sama Kadis Kominfo SP Mitra Eva Makaenas menambahkan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman akan pentingnya satu data, maka untuk mewujudkan hal tersebut, maka dibutuhkan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat.

“Oleh karenanya diharapkan dalam kegiatan ini dapat menyediakan data yang berkualitas serta mudah untuk dibagi pakaikan antara Pemerintah Pusat dan pemerintah Kabupaten Mitra,”ungkap Kadis Makaenas.

(J.S)

author

Author: 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.